Membuat Lampu Hi Pass Beam Honda NSX 125R

Sebenarnya artikel ini  saya buat berdasarkan artikel sebelumnya yang sudah ditulis disini oleh bro Labib 2009 silam,  namun setelah saya browsing, artikel yang memuat cara pembuatan Hi pass Beam ternyata dibuat untuk Motor Non Honda, dan juga banyak yang menyebutkan kelistrikannya harus dibuat Full Wave/ All DC, bro bisa lihat pada artikel saft7.com.

Ingin saya tuliskan ulang prinsip yang dipakai bro labib, bahwa modif yang saya lakukan tidak dengan merusak komponen apapun, saya hanya menambahkan beberapa tool seperti relay 5 kaki dan lain2 persis seperti yang disajikan di artikel diatas. namun saya melihat tidak adanya gambar ataupun video yang menunjukkan bahwa cara ini sukses diterapkan di motor Honda New Supra X 125R.

So, iseng aja saya nyoba dan sedikit berhasil, ada hal yang masih kurang namun belum saya perbaiki dimana lampu Low tetap nyala meski saklar Hi beam aktif, tp ternyata hal ini sangat membantu, karena jalanan jadi terang benderang 🙂

video hasil pemasangan hi pass beam

112 thoughts on “Membuat Lampu Hi Pass Beam Honda NSX 125R

    • Hasilnya mantap mas, nyala sperti HID, terang banget, ngga tekor Aki… krna Hi Beam dipake kan itungan detik, kcuali dipanteng smpe pagi :D, bisa tekor tu aki…

  1. Permisi mas, saya yang masih penasaran sama lampu supra nih mas?
    hehehee…
    pertanyaan saya masih seputar headlamp supra 125 yang 18/18 w dua buah, apa bisa dimatikan satu dan diganti dengan yg 25/25 w?
    rencana saya ingin mematikan lampu kiri, dan hanya menghidupkan lampu kanan dengan ukuran 25/25 w. atas jawabannya saya haturkan trima kasih banyak mas.
    🙂

    • Beberapa artikel di Internet sudah saya lahap habis seputar lampu New SupraX125R,
      1. Yang penasaran apanya nih?
      2. Dimatikan satu ngga masalah, tapi apa ga timpang, picek jadinya kan mas? sy pernah nyoba osram all season 35watt, bohlamnya dinyalakan cuma satu, yang 25 watt juga pernah sy coba, hasilnya : Bohlam yang berdaya besar lebih terang sinarnya. Pernah saya coba, sisi kiri 35 watt, kanan 25watt, hasilnya sama saja. Bohlam 25watt lebih redup dari pada yang 35watt.
      3. Saat ini saya menggunakan Osram All Season 35Watt, dan Osram Cold Blue 35watt di kanan. Nyalanya lebih terang dr bohlam standar, namun karena memang All Season itu nyalanya kuning pekat, jadi terkesan sinarnya agak redup walaupun sejatinya lebih terang. Hall ini ngga jadi soal bagi saya, krna High Beamnya sangat mumpuni, terang sangat, wrna kuning keputihan dan putih kebiruan berpadu…
      Imbas : lampu senja agak redup krna daya tersedot ke lampu utama, tp hal itu bukan menjadi soal…
      smoga membantu/..

      • heheheee…
        makasih banyak ya mas, sudah dijawab dengan lengkap pertanyaan saya.

        1. Ngomong2, apa tidak meleleh mas, new supra x 125R menggunakan bohlam 35watt?

        2. Seandainya saya mengganti bohlam dua-duanya dengan ukuran 35watt (biasa dipakai oleh supra x generasi awal) merk phillips, kira2 bisa ga mas?
        atau kalau tidak bisa, apa bisa menggunakan uk 25watt?

        3. Pada intinya saya ingin mengganti uk bohlam standar (18watt) dgn yang 25watt atau 35watt. apakah perubahan ini berpengaruh trhadap aki dan komponen lainnya mas?
        Sebagai catatan, lampu senja sudah saya matikan (tdk dipergunakan). atas jawabannya, skali lagi terima kasih banyak ya mas. 🙂

    • ngga jauh ko bro, paling 3,5m – 5m jarak fokusnya, ngga menyilaukan, kasihan yang didepannya kalo terlalu tinggi..

  2. Yoga :
    1. Aman aja tuh, dipanteng terus skitar brapa menit waktu pengujian, panas normal, ga meleleh tu reflektor si supri,
    2. Lha iku neng video opo mas??? iku New Supra X 125R ku dua2nya pake Osram 35watt mas, kanan Cold Blue, yang kiri pake All Season, muantap banget… Cuaca Kering di Libas…., hujan/ Kabut Lewattt….. tanpa halangan, tanpa redup, asal modif High Beamnya kaya yang saya pake, jalanan bakal terang benderang, …. Kalo pake Phillips/ ato lampu lain dg watt lebih kecil bisa saja, pastinya lebih adem krna dayanya lebih kecil drpada 35watt…
    3. Pengaruhnya pasti pada Spull, namun pengaruh ini hanya bersifat pada beban pengisian yang semakin agak berat, seharusnya mengisi beban pengisian katakan a volt, lha ni harus ngisi a x 3 volt, namun hal ini masih bisa diakomodir spull motor ini. Buktinya walau dipake berkali2 buat ngedim, suara klakson msh keras, stater elektrik mash cihuy… lampu sein dan rem, terang juga ko bro…
    Kalo untuk aki, selama aki sehat dan pengisian normal, maka akan baik2 saja, prinsip kita menggunakan Hi Beam sperti kita nyalain klakson, kan ngga mungkin semalam penuh kita nyalain klakson, bisa dijotos wong sak kampung…
    Lampu senja biarin aja diidupin, coz repot kalo kita masuk jalan kampung pake lampu besar, apalagi pake Hi Beam modifan saya diatas. Iso di balang sandal…:D

    Sipp. kali aja ada yang punya pndapat lain…Yuk Sharing…

    • ngakak ane om baca “prinsip kita menggunakan Hi Beam sperti kita nyalain klakson, kan ngga mungkin semalam penuh kita nyalain klakson, bisa dijotos wong sak kampung…”…hahahaha

          • Gan untuk injeksi ada warning demikian krna suplay BB ke ruang bakar disupport sm arus Accu untuk mengaktifkan pompa BB, sy khawatir kalo2 pas Accu ga normal, nnt imbasnya ke pengabut alias system injeksinya gan, tp kalo agan minat banget ni, asal yakin Accu msih tokcer, gunain aj lampu 35/35w, 1 biji aja, selebihbya pake 18watt, ato semakin kecil 18/18w x 2 jg semakin enteng kerja Accunya gan…
            Moga membantu… 🙂

            • om,, saya ganti halogen dua-duanya watt 18 emang terang sih.. tapi fokusnya gak karu-karuan. yang fokus ke aspal cuma separo aja, sisanya ngajak gelut orang di depan padahal batok lampu udah mentok ngadep ke bawahnya..

              untuk high beam baru fokus, ya pas lah, arah sorotannya seperti lampu standar.

              setelah saya perhatikan ternyata filamen lampu halogen tersebut mujur ngarep (bhasa indonesianya entah apa, hehe), sedangkan yang standar kan mujur kanan kiri..

              yang saya tanyakan adalah lupa,, mohon tanggapannya saja..

      • Gan Rijang, tambah mepet ki, mocone angel….
        Mujur ngarep di salah satu filamen, berarti ini bukan halogen yang ane saranin… Ane saranin di beberapa komen ane di Thread ini ataupun pembahasan lampu yang laen, kita mesti Pake Halogen Aspira 18/18watt yang empunya di Kawasaki Kaze R gan, karena setau ane, Apira dari dulu buat lampu Joos tenan, belum pernah ganti same sekarang. Dlu yang 25watt dipake di Shogun R 2002, pas 2010an ane kasih aspira 25watt sampe 2012 bahkan karena ane nyoba OSRAM akhirnya trus ane copot, sampe sekarang ane kasihkan tetangga karena pas Lampu Tetangga Supra X125R juga Mati (STD pabrik), ane kasih yang Aspira ane sampe sekarang msh Jooz juga gan… So, ane saranin plih aspira atau merek lain yang bonafid macam OSRAm/ Philips dengan filamen tidur(horizontal) jangan yang lancip/mentuk sudut, krna bisa beda fokusnya…

        Kenapa Aspira 18/18watt punya Kaze R
        * karena itu yang paling cocok kakinya satu(1 centilan)
        * ane nyari Osram yang biasa 18/18watt susah gan, yang kakinya satu juga entah ada atau tidak.

        Ok, gitu aja gan penjelasannya, semoga mencerahkan…
        Thanks for Sharing 🙂

        • wahh.. lama ga buka email,, (lupa pasword)..
          saya punya ide bagaimana jika 2 lampu pada HSX saya menggunakan listrik yang berbeda, yang satu dari aki langsung (dc ya?) dan yang satu dari mesin (ac ya).
          nah apakah ide tersebut bisa diaplikasikan?
          bagaimana efeknya?
          dan masing-masing diganti menjadi berapa watt? (jika bisa)

          paham kan om maksud saya,. hehe

          • Bisa2 aja gan, namun nanti wiring dan saklarnya repot gan, saklarnya kan inputnya 2 lampu jadi satu, jadi kalo ambil arusnya dari 2 sumber, saklarnya musti 2, dan agak ribet, kecuali kalo mengaplikasikan 1 lampu untuk pendek saja (nyala sebelah saja), nanti pas high beam baru pake 2 lampu. tp ane lagi males oprek ni gan… he3. thx for sharing…

          • nanti mepet2 lagi ngga ini? hehe
            ribet ya,,

            oh iya, dari saran mas bro fauzan ahirnya ane nyari lampu halogen yang arah filamennya seperti lampu aslinya, merek auto*ision. 2 lampu sama2 18 watt, yang satu warna rainbow (pelangi kalo ga salah). yang satu warna biru. tujuannya biar tetep oke di bawa kabut2an dan ujan2an,serta yang biru di malam gelap..

            tapi kok ternyata merek sama, watt sama tapi fokus cahanya beda ya om?
            yang pelangi udah nunduk, yang biru masih ngajak ribut alias nantangin pengendara arah berlawanan.

            itu karena perbedaan cahanya sehingga mata yang melihatpun berbeda persepsi, atau emang perlu beli lagi lampunya?

            • Coba cek fittingnya bro , nyala filamen diamati, apa ga kebalik tu yg warna biru? Lampu pndek jd lampu jauh atau sebaliknya… Kl beda warna ga masalah asal udh nunduk beres kan, atau coba di balik lampunya, msh ttep nantang ga tu… Punya ane aspira 18w, fokusnya nyatu dan pekat, artinya ga pecah sinarnya… Btw brp rupiah msg lampunya gan?

  3. ikut sharing gan..

    ane pake vega r 2004 gan, walau beda merk tapi ane jg pernah ngoprek lampu motor kaya agan..

    jadi karena switch lampu jauh ma dket dh aga longgar pada satu posisi lampu ane bisa nyala dua-duanya gan.. jadi kalu lampu jauh swicth diatas dan lampu dekat switch dibawah nah switch lampu ane bisa stay ditengah2 gan.. jadi otomatis filamen lampu dobel nyalanya..

    oh ya ane jg pake osr*m halogen 35watt gan, walhasil jalan terang banget..

    tapi ada kelemahannya gan :

    1. kalo langsung nyalain dobel putaran mesin aga turun, mungkin dari pengisian yg kurang.. asalnya alokasi listrik 35 watt ( 35 watt x 1 filamen) jadi 70 watt ( 35 watt x 2 filamen)..

    2. reflektor rawan leleh gan, tapi tu jg teledornya ane karena kadang lupa matiin dobel lamp-nya..

    3. trus mesti sering bersiin switch, karena arus besar efeknya tembaga di switch gampang angus..

    yg belum ane coba pake watt yg lebih kecil kaya 18watt biar arus yg dipake ga terlampau gede 18 watt x 2 filamen =36 watt.. tapi ane ga nemu osram yg 18 watt gan ditempat ane.. jadi belum kesampean..

    oh ya gan ane mw nanya.. berarti kalo lampu motor nte nyala dobel berarti arus yg dipake 140watt dong?? secara 1 bohlam lampu 2 filamen = 70 watt kalo dua-duanya nyala jadi 70 watt x 2 = 140watt gan.. bner ga??

    • Thank’s bro Izza, atas kunjungannya ke blog kami 🙂
      sedikit analisis dari penjelasan yang sudah bro sampaikan:

      1. Mesin aga turun putarannya emang wajar, karena memang beban pengisian dari spul ke Aki yang seidikit diatas normal. Motor saya juga demikian, namun sedikit sekali terasa penurunan rpmnya (dlm kondisi stasioner lebih kurang 1000rpm)
      2. Reflektor memang sudah leleh ato baru indikasi ada panas berlebih? di motor saya spertinya ngga ad problem gitu, tapi ga tau kalo dipanteng 15-30 menitan lampu Hi Beam nyala terus, mungkin bisa meleleh…:D, sy ga pernah nyoba jadi ngga tau…:)
      3. Nah, point ketiga ini memang terjadi dikarenakan saklar yang tidak fix, bagaimanapun saklar dengan kondisi normal akan lebih aman, kemungkinan ausnya kecil meskipun hal ini mutlak terjadi, saran saya biar ga sering2 bersihin switch, dikencengin/ ganti saklar baru aja bro..
      4. Motor ane memang nyala semua lampunya bro kalo pas malam ane hidupkan juga low beam, namun perlu diketahui bhwa lampu low beam (2 x 35watt = 70watt) dapat suplay dari spull kelistrikan, sedangkan Hi beam (2 x 35watt = 70watt) diambil dari Aki, so ga perlu kwatir tekor/ drop putaran mesinnya, karena switchnya ga oblak sprti yang bro jelaskan… Oke… bagaimanapun sesuatu yang fix pada tempatnya akan selalu lebih baik, daripada yang setengah2 (analogi saja bro 🙂 ).
      smoga mencerahkan, Yuk yang lain share yak!…

    • Hi tu singkatan dari High, Beam itu lampu utama/ lampu depan motor/mobil. Nek wong jowo ngarani lampu dhuwur… atau lampu jauh… Kebalikannya, ada Low Beam atau istilah sini lampu pendek/ lampu deket…

        • Pass tu mengedipkan cahaya/ lampu pada mobil motor dengan cepat, mati-hidup-mati-hidup-mati secepat2nya.. dengan maksud memeberi tanda pada lawan/pengemudi didepan kita untuk memeberi jalan, atau bisa juga untuk memperingatkan bahwa kita akan menyusul. Biasa dikenal dengan sebutan Lampu Dim, boso jowone ngedim…
          Kalo modif yang ane terapkan emang terang karena suplaynya dari Aki langsung, keunggulannya, mesin mati tapi lampu Dim bisa nyala… mantep kan… 🙂

  4. Oke banget jawabannya mas. makin banyak ilmu yang saya dapet dari siini.
    heheheee…
    sukses terus ya mas.
    🙂

    • Bro ridermatrix, vixion kan udah mengadopsi full Wave alias DC system. jadi ga perlu lagi kaya gini kan…:D

  5. boss mana rangkaiannya, jgn cuma video trial aja kan yg baca juga ingin lihat rangkaiannya. sorry ya boss kritikan ini abis dr atas sampai bawah tdk ada rangkaian yg di tampilkan. tks

  6. Pingback: Nih, Cara Buat Pass Beam!!! « Akhfauzan's Blog

  7. di megapro standar juga gitu.
    kalau saklar pass beam ditekan, lampu dekat juga nyala.
    jadi nyalanya bareng. gak masalah sih, wong ngedim kan paling cuma sekian detik..
    😀

  8. bos q udah cari kemana2…kok gk ada yg jual lampu itu….daerah madiun kota gk ada…pengin coba q………………..di mn carinya

  9. Bro Puji, coba nyari aja di mataram, banyak yang jual onderdil motor di kiri jalan, tokonya berderet deret, cari aja, bilang buat kawasaki kaze, karena peruntukannya untuk Kaze R. insya Alloh ada.

  10. siang mas…..sy tertarik dengan cara Membuat Lampu Hi Pass Beam kebetulan motor sy mengalami hal yg sama..lampunya kurang terang motor sy supra x 125 PGM-FI mtor ini sy pake tiap hari kerja..pulang sore kadang mlm..kendalanya sama kurang terang gtu…pertanyaan sy dengan tehnik hi pass beam dengan menggunakan bohlam asli honda apakah hasilnya sebagus yg dicontokan.trm.

    • Lampu standar memang punya kekurangan di pancaran cahaya/intensitas sinarnya masbro, kalo pake bohlam Ori hasilnya hanya sedikit terang, karena memang karakteristik bohlam biasa tidak lebih terang daripada halogen/ yang diatasnya (Ex. HID/ xenon dll), saran saya kalo pengen watt sama dengan bohlam Aspira 18w/18watt, dijamin terang… ga kuatir boros aki… cek juga artikel ini, banyak pembahasan tentang AHI Pass Beam :

      Nih, Cara Buat Pass Beam!!!

      Update, Hasil Pembuatan Lampu Hi Pass Beam!!!

      Trims sudah berkunjung…

  11. 1.mas saya pake new supra x 125 2012,lagi nyari cara nih.. biar lampu supra saya bisa terang benderang di segala cuaca ..di bandung saya cari kesana kemari lampu kabut susah trus ada hraganya mahal dan ga bisa di test..

    2.trus saya coba pake philips xenon ultimate blue 4000K, reflektor panas banget dibandingkan dg reflektor sblah kiri yg pake bohlam standar…dan ruginya juga saya pake philips itu ga trlalu beda jauh dg bohlam asli..

    3.kendala hasil sorotan lampu pas saya pasang lagi jadi cenderung nyorot ke atas, jadi sorotan lampu ga keliatan, gmana cara ngebenerinnya mas ?hehehehe (saya sudah coba mengubah posisi reflektor)

    4.bgaimana caranya biar lampu saya jd terang benderang di sgala cuaca, tapi reflektor ga terlalu panas..kal ada merk lampu dan harganya juga sangat membantu bagi saya mas. THX

    • Thanks udah berkunjung Sob,

      1. Ganti aja punya Aspira 18w/18watt, sudah lebih baik dibandingkan bohlam standar. krna sudah halogen.
      2. Bukan pertanyaan ternyata :D, oke buat informasi saya . Terimkasih
      3. Nyorot keatas, kemungkinan fitting sudah meleleh sebelumnya, jadi sinar nyorot keatas meskipun sudah diturunkan settingan headlampnya… Coba diliat aja fitting lampunya, kalo meleleh berarti harus ganti reflektor. memang panas berlebih, karena sy perkirakan wattnya lebih tinggi.
      4. Aspira aja Sob, murah berkualitas, coba baca post-post lain di blog saya berkaitan dengan Hi pass Beam, komennya juga di baca karena disitu banyak yang nanya seputar lampu..,

      Semoga membantu…

  12. Malam mas, ane balik lagi, untuk bertanya 🙂
    kebetulan ane baru aja beli lampu osram coolblue dan allseason.
    untuk kondisi supra x 125 standar, ngga papa kan mas kalau saya pakai 2 bohlam itu?
    apa nanti akan meleleh mikanya?
    trims,

    • aman mas, sy sudah nyoba… Baik2 aj ko… Rangkaiannya udah dicoba? Sudah berhasil belum? Kalo ssekarang, sy pake lampu Halogen Aspira 18/18watt, alasannya biar agak enteng pengisiannya, juga ngga redup saat rpm rendah… Oke, trims updatenya..

      • Rangkaiannya belum mas, cuma dalam waktu dekat ini mau ane ubah jadi fullwave dulu. hehehee…
        oya, kalau belum pakai rangkaian dari mas, tetep ngga papa kan ya pakai osram coolblue dan allseason?
        sekali lagi makasih banyak ya mas 🙂

        • Wadow… Fullwave… mantep donk. nanti bisa diposting caranya satu persatu disertai gambar ya… di Share dimari ya masbro… Selama ini aman ko masbro… Kepengen Full Wave juga ni…

          ________________________________

    • caranya mudah masbro, kan udh saya terangkan di reply comment bisa di thread ini atau di pembahasan mengenai lampu hi pass New Supra X 125R, cara paling gampang, cari aj lampu halogen aspira 18/18watt, lampu standar diganti aj sm lampu tadi, insya Alloh sudah ckup terang. kalo masih kurang puas dibuat Fullwave aj(seluruh kelistrikan disupplay olh Accu), cuman sy belum nyoba, biayanya ga sedikit bro, juga sedikit merepotkan krna musti ganti dan rubah komponen standar ky spull dll… Oke, smoga bermanfaat. Trims udh berkunjung.

  13. Gan… motor ane supra x 125 2006 lawas, jadi masih yang pake lensa tambahan itu di headlampnya… ane pernah pake osram cool blue 35/35w hasilnya burem pisan… jalanan aspal ngga kelihatan, pas hujan sama kek ngga pake lampu… any solution?

    • Selama Kondisi kelistrikan masih normal, reflektor headlamp normal, maka seharusnya lampu akan terang, namun memang karena panjang gelombang yg dihasilkan bohlam putih kebiruan itu pendek, maka sinar akan kabur pas hujan dan kabut. Maka seharusnya kita pilih intensitas warna yang panjang gelombang cahayanya lebih panjang, bisa diakali dengan mengganti ke Osram All Season Super, cahaya akan berwrna putih kekuningan(cendrung kuning pelangi,pekat). Kalau pengen lebih terang tapi aman, coba kecilkan watt bohlamnya ke Halogen 25/25watt, pake aspira aja cukup bagus, ttpi ingat, penggantian bohlam dg daya lebih kecil akan memperterang nyala lampu. Ttpi akibatnya life time bohlam berkurang krna dayanya tidak standar. Cek aja pd bohlam standar bawaanya berapa watt, kalo penurunannya msh 10watt msh aman.
      Thx sudah berkunjung.

  14. met gini hari bro ..pngen nannya dikit aja .. kaloq lampu supra x 125 yg standar kan tertulis (12 v/25/35watt) yg mas maksud lampu indopart 18/18 apa ya ?? ??

    • yoi Bro, maksudnya gimana ni, kalo New Supra X 125R kan bawaan Standar Pabrik tu 12V,18watt/18watt. Sy ngga pernah nemui lampu speda motor dipasaran yg 12v, 25/35watt, mungkin 12v,35/35 kali. Jadi gini masbro, 12v itu menunjukkan tegangan lampu tsb, sedangkan 18watt, 25watt,35watt itu besarnya daya lampu, masing2 kendaraan bermotor berbeda, biasanya motor dengan 1headlamp menggunakan daya 35watt/35watt. Nah knpa 35/35watt, itu artinya baik lampu pendek, maupun lampu jauh dayanya sama sebesar 35watt. Coba bandingkan dengan lampu Mobil 12v, 50/65, ini artinya lampu dekat 50watt, jauh 65watt,lampu jauh lebih terang. Oke, semoga mencerahkan.

      • Ow. Ya mas kmren sya slah liat d bohlamnya ha ha.satu lagi mas.. berarti kalok. Pakek rangkaian pass-dim punya mas. Lampu jarak jauhnya d .beri arus acu langsung kan..?? Nh pertnyaan sya agk konyol sih. Kok bisa , kalok d beri arus acu lansung kok perbedaan sinarnya bisa jauh gitu. Dibanding ama arus dari spullnya sndiri.. ama 1 lagi kalok pakek rangkaian pas-dim punnya mas .bohlamnya hrus pakek yg khusus kan. Yg stndarnya gk bsa d pakek dlm rNgkaian ini. Bner gk?? mohon sdikit. Prncerahannya mas.karna sya trtarik bngt ama modif ini

        • langsung dari accu, nyala lebih terang karena arus stabil, dan walaupun rpm rendah,maka accu akan tetap stabil pada power tertingginya, selama accu tidak drop. Bohlam standar bisa, namun nyalanya ya terbatas, tidak lebih terang dari halogen.
          trims

    • Pada dasarnya selama suplay normal dan penggunaan arus tidak berlebih maka seharusnya ngga bakal tekor, cuman kalo dibarengkan klakson dan lampu modifan sy nyala bareng, pasti aki akan drop, mksudnya bisa jadi nyala lampu jd redup, atau suara klakson ngga lantang. Saran sy pilih salah satu sesuai kebutuhan, lampu pass beam atau klakson kapal. Solusi lain kalo pengen mmpertahankan keduanya, bisa dengan mengganti Aki ke amper lebih besar, atau mengurangi load aki(sein ganti ke LED, lampu Rem diganti juga ke LED). Oke masbro, semoga membantu… Trims sudah berkunjung

  15. klo ganti aki ke amper besar kira” Brp Amper mas?
    yg ukuran akinya sama kayak yg supra,, kecil,, make aki motor apa mas?
    gak perlu ganti kiprok dan gulung spul kan mas?

    • Coba digoogling di saft7.com tentang menambah Aki, kyaknya opsi ampere yang lebih besar bisa dilakukan namun perlu dketahui, dimensi pasti lebih besar, kalau di artikel saft.com kita musti memparalel aki-nya(mnggunkan 2 Aki), kalau aki Tiger/ megapro coba bro bs cek digoogle, brapa ampere-nya dimensinya pasti lebih besar. Gulung spul dan ganti kiprok kayaknya musti dilakukan dikarenakan beban pengisian pasti berbeda. Ok, hnya segini yg bs saya jelaskan. Trims

  16. jadi intinya lampu jauh dekat digabungin gitu ya? Biar makin terang begitukah?
    teruz itu posisi saklar di jauh apa dekat? Dan jika dijauh, truz lampu dekat hidup semua juga atau cm salah satu aja.?

    • Lampu yang nyala Hanya di High Beam?lampu jauh.
      Saklar On juga pada lampu jauh, lampu hidup normal, bedanya lampu jauh sumbernya dari Aki langsung dan bisa tetap dinyalakan meskipun mesin dalam kondisi matinamun kunci kontak ON.

      no, hp pm aj masbro

    • benar sekali bro erwin, jadi ada 2 kabel yg masuk ke soket hi beam,yang 1 inputan dr accu/relay 85, yang ke 2 output arus ke lampu itu sendiri. Met mencoba, maaf balasannya agak telambat. Trmksh atas kunjungannya bro…

  17. Selamat Tahun baru 2013

    Trims postingannya masbro, untuk bahan referensi.
    Sekedar berbagi pengalaman, NSX 125R
    dulu pernah eksperimen dengan berbagai macam lampu halogen 18w, 25w, 35w
    alhasil nyala optimal spull dengan halogen 25w.
    Pernah nyoba dengan 18w 2x nyala lebih terang dari bawaan pabrik, coba lagi dengan halogen 25w 2x ternyata nyalanya hampir mirip 18w tapi lebih pekat dan fokus, eksperimen terakhir dengan halogen 35w 2x alhasil malah lebih redup dari bawaan stdr entah kenapa, kemungkinan daya dari kiprok krng dari 70w (nb: ketiganya rpm kira2 diatas 3000).

    Terakhir eksperimen dengan kiprok, alhasil pengisian aki & arus lampu menjadi naik (sebatas wajar), lampu halogen 25w 2x pun bisa menyala terang & pekat, meski redup waktu mesin stasioner. Efeknya akselerasi motor lebih enteng & top speed dpt cepat tercapai (sangat membantu bagi yang suka touring).

    Pengalaman menggunakan aki,
    untuk NSX 125 sangat bergantung dengan penggunaan aki yg masih normal, terutama suply listrik pada CDI nya. Pernah dulu pakai aki yg tdk normal(tekor), alhasil akselerasi menurun & top speed jg menurun. Apalagi menggunakan aki yg soak(bahkan tidak menggunakan aki), motor akan melaju ndut2an karena suply listrik ke CDI tidak normal. Jadi klo pasang Hi-pass Beam kondisi aki setidaknya harus normal yaah. Daya suply aki stdr NSX 125 adalah 3,5Ah\12V, artinya aki mampu menyuply listrik 3,5Ah X 12V = 42Vah(Watt/jam) tanpa diisi. Jd klo pake halogen 18w 2x bisa nyalain Hi-pass Beam 1,17 jam tanpa nyalain motor.
    Hehe, mohon maaf aga melenceng dari topik.

    Ntar disambung pengalaman yg lain lagi ttg NSX 125R.

    Klo ada yang salah mohon dikoreksi bro. Salam..

    • Mohon maaf saya ada masalah koneksi 2 minggu kebelakang… 🙂

      Analisis by experience yang menarik… Trims bro haris sudah sharing, saya belum pernah coba yang 25wattx2, karena memang belum sempat… Oke kalo begitu…
      Untuk Pass beam memang idealnya aki dalam kondisi sehat… dan perlu digaris bawahi masbro, penggunaan pass beam kan sifatnya hanya ondemand, sesuai kebutuhan, kalo misal dinyalain terus juga bakal berefek pada lampu itu sendiri maupun padsa reflektor, bisa juga fitting kabel yang meleleh… so… bijak saja nggunain pass beam… anggap aja pass beam ini seperti klakson namun silent… yang dipake manakala dibutuhkan saja.

      Trims atas kunjungannya… blognya ngga dicantumin masbro.?

  18. Maaf masbro skalian, comment reply saya sudah dikirim seminggu lalu via yahoo, namun entah kenapa ngga masuk ke wordpress :

    ” Kalo lampu aspira 18 sama aj rangkaiannya. Kan standar pabrik tu punya pabrikan juga 18watt.”

    ” Warna lampunya sperti standar namun lebih terang/lbih putih… via email gpp masbro nanya2. Insya Alloh slalu konek inet ko..
    Thnks udh berkunjung ”

    Mohon maaf atas keterlambatannya respon pertanyaan masbro

    • Bengkel resmi umumnya enggan melakukan modifikasi, krna selain bisa menggugurkan garansi, juga terkadang mereka lebih kepada SOP service sj, saran sy coba ke bengkel langganan/ punya kenalan yg bisa modif, tidak susah ko brow…
      Thanks sudah berkunjung

    • Maaf baru bisa Respon di senin pagi ini, kemarin di kampung sinyal susah banget, jadi ngga bisa konek.

      Prinsipnya sama saja Mas, kelitrikan di supra X 125R baik yg 2010 keatas ataupun yang 2007 kebawah (menganut single Bulb) jalur kelistrikannya sepertinya tidak berubah, umumnya yang membedakan adalah warna kabelnya. Coba mas bongkar batok lampunya dikala senggang, dan sediakan waktu longgar misalnya pas liburan, karena untuk memulai modif jalur kelistrikan dibutuhkan konsentrasi mas, jadi kalo kepotong apa gitu, malah konsentrasi buyar ngga jadi2, krna saya mengalami sendiri. Apalagi kalo salah pasang kabel ketika arus bypass ke accu, bisa2 konslet, tapi ga masalah karena paling yang putus cuma sekringnya.

      So, pelajari lagi pelan2, sediakan waktu luang secukupnya, pagi sampe siang cukup. Karena dengan membongkar langsung, merunut jalur kabel, Insya Alloh akan lebih mudah ketimbang cuma membayangkan.

      Ok. Met berusaha, kalo udah berhasil post aj ya mas…
      Thks atas kunjungannya… 🙂

        • Untuk kelistrikan standar, solusi mengganti lampu ke power yg lebih kecil akan lebih terang, namun perlu diingat besarannya harus sesuai, jd misal sts 35watt ke 25watt, kalo std 35 dganti 18 bkal cepat putus. Sebaliknya kl 18 ke 35 akan lebih redup umumnya(kelistrikan AC)…
          *akun sebelumnya emng yg mana ya?
          Trims kunjungannya…

  19. Pingback: Merencanakan Modif Lampu Senja Supra X 125R | Back to Nature to save our Planet

  20. Bro videonya kurang greget, kurang bisa bedain low sama high pass beam nya..
    soalnya situ gasnya ga dipantengin, cuma geber-geber
    saran aja gas pantengin pas low beam jangan diturunin, biar kelihatan jelas pas ganti high beam

  21. mas, kalau buat supra yang 125 new, lampunya kan ada 2,apakah tetep bisa kanan kiri pakek yang 35wat?soalnya kmaren oakek 18wat gag terang..

    • Bisa juga ko gan, cuman nanti efeknya pas RPM rendah redup nyalanya, kemudian beban kerja Accu tambah berat. Kalo ane kanan 35w kiri 18w gan.. 🙂

  22. asalamualaikum mas fauzan,

    dari tadi tak simak terus mas postingan2 disini,ilmune kathah sanget mas…
    motor saya supra x 125 injection helm in mas,nak pengen ganti lampu utama
    sing terang lan fokus niku cocoke nopo mas…,lha nak watt nya saya itu gg tau
    belum saya cek mas…,kulo nyuwun sarane banget mas…

    suwun

    • Wa’alaikumsalaam warahmatulloh, mas Budy (CMiiw)

      alhamdulillah kalo postingan disini membawa manfaat, jadi ngga sia sia nulis panjang lebar, he-he…

      Menawi Supra X 125 Helm in, ngaggem indonesia mawon gih, ben ngetike cepet, he2… kalo boso jowo nge-lagg procienya, maklum mung iso2nan thok. 🙂

      To the point : kalo generasi supra dengan batok double lamp kebelakang ane amati masih menggunakan Bulb 18/18watt x 2 bulb, kalo agan mau pake yang mahal, ada tu merek sbb :

      1. Wurth, katenye nih buatan Germany ( cuman ane belum pernah pake dan mastikan wattnya yang tersedia di pasaran berapa, umumnya 35/35watt)
      2. Philips, ni juga lumayan mahal, tp ane ga update harganya gan, search aja ya di fjb banyak sbg pertimbangan sebelum beli
      3. Osram, merek ni hanya tersedia 35/35watt untuk Halogen dengan kualitas bagus ( ada 3 jenis, baca aja di post diatas)
      4. Kalo pengen awet dan ngga membebani terlalu berat pada mesin, ane saranin Aspira 18/18watt punya Kaze, tinggal pasang aja tu… ga seterang lampu2 diatas, namun cukup lebih terang jika dibandingkan lampu Std pabrik.

      Sekian, smoga jelas gan…

      • wahahahaha…..oke oke mas fauzan…
        dari kemaren saya itu kerja sambil nungguin jawaban dari mas fauzan lho..hahaha

        banyak banget mas ilmu yg bisa saya dapet dri postingan mas fauzan dan teman”,manteb banget,saya suka banget mas jawaban nomer 4,cocok sm saya …makasih bgt lho mas…

        ada yang mau tak tanya lagi lho mas,

        klo saya pake osram yang 18/18 allseason /cool blue itu berpengaruh ke aki gg mas (wattnya sama kyk bawaan aslinya),trus klo pake yg osram 25/25 allseason /cool blue itu berpengaruh ke aki gg mas,sekedar info mas motor saya lampu senjanya dah tak rubah kyk yg di blognya mas fauzan (https://akhfauzan.files.wordpress.com/2013/05/img_20130524_135916.jpg) cuma saya pake yg warna putih agak panjang jadi lumayan terang banget,takutnya nti akinya boros mas…

        mas fauzan makasih banget ya buat ilmu” ttng lampu motor dan semuanya,saya jadi ngerti…

        wassalam,

        • o, ternyata nunggu tho, wah maaf deh mas… krna banyaknya kerjaan, blog sampe ga keurus, keteter akhirnya… tapi sesekali ane sempetin buka ko, kalo mau fast respon via gmail aja, fauzan.nurmaulana@gmail.com

          Gan, kalo yang Osram kan udah ane jelasin di point 3, ane udah nyari2 di pasaran, untuk yang kualitas baik ( bungkus plastik trasnparant ) baik all season, cool blue ni hanya tersedia 35/35watt, jadi ngga ada yang 18/18 watt, entah kalo agan nyari ternyata ketemu, ane mau minta dibelikan, hehe..

          1. Kalo boleh tau, gan Budy sudah modif pas beamnya belom? kalo udah dimodif, Jelas ngga akan berpengaruh signifikan gan, karena wattnya sama dg standar pabrik 18.18w, ringan gan untuk charge akinya kembali, kalo diganti ke 35/35w x 2 bulb, ini bisa bikin tekor kalo penggunaanya over karena otomatis bebannya lebih besar kan , analogikan :

          35 kiri dan kanan = 70watt, so aki cepat berkurang banget arusnya
          18 kiri dan kanan = 36 watt

          2. Kalo sama sekali belum modif pass beam, pake 18/18w all season, ngga akan menurunkan performa kelistrikan, tambah joos tu, kalo agan nemuin lampunya ane nitip ya gan… he-he

          3. Wah, ko bisa gan pake LED, merek apa gan? berapa duit? ane masang masih belum berhasil juga, kayaknya kawatnya kependekan, maklum LED murahan, cuma 10rb.

          4. LED tu konsumsi dayanya kecil sekali gan, paling 3 watt/ LEDnya, kalo bohlam sein bawaan kan 12v, 10/15watt (untuk supra x125 karbu ane), please konfirm punya Supra X 125 Helm in brapa watt?
          So, ga bakal tekor gan… AMan pokokmen…

          Siip,

          • permisi mas.
            saya maw tanya.

            saya udah ganri lampu k aspira yg macem mas buat.
            emg sih terang kalau lg jalan ngebut.

            tp kenapa redup pass d jalan pelan ya mas.
            itu apa masalah nya ya mas.

            asal turun gas pasti lampu nya redup.

            mohon petunjuk nya ya mass…

  23. permisi mas akhfauzan.
    saya maw tanya.

    saya udah ganri lampu k aspira yg macem mas buat.
    emg sih terang kalau lg jalan ngebut.

    tp kenapa redup pass d jalan pelan ya mas.
    itu apa masalah nya ya mas.

    asal turun gas pasti lampu nya redup.

    mohon petunjuk nya ya mass…

  24. @Mas Prasetyo
    Kalo agan pake Halogen yang 35/35watt memang terang saat RPM tinggi, tapi kalo pas rendah redup, wajar, karena supply dari kirpok awalnya hanya untuk lampu 18/18w, jadi saran ane perubahanya di angka 25/25watt aja, biar ngga terlalu berat saat rpm rendah, kalo ane sekedar sharing aja, ane pake yang 18/18watt mas.

    Terimakasih atas kunjunganya…

    • Normal mas, ane pake Aspira 18watt juga sama, ada salah satu bohlam yang kaca sisi bagian atas agak gosong juga, meskipun masih bisa menyala… analisa saya :

      1. sepertinya memang faktor usia bohlam halogen,
      2. Bisa jadi pas masang ngga sengaja terkena kulit telapak tangan(mengandung garam)
      3. Panas berlebih yang tidak wajar, ( bisa karena kiprok sudah mulai usang, sehingga arus tidak stabil)

      Kalo saya pribadi, selama bohlam belum putus, pake aja terus, asal bukan menyebabkan kerusakan pada reflektor ya… 🙂

      Cttn : Bentar lagi saya mau migrasi ke LED, tunggu kabar di artikel aja ya… hehe/

      Trims kunjunganya gan Marno.

  25. iya mas, umur 2 bulan aja udah menghitam sepertinya, mungkin akibat kepegang tangan jg.
    oke mas, ditunggu reviewnya.
    pake led jenis apa?
    pake proyektor apa biasa aja rencananya?

    • udah ada led buat motor dri autovision mas, coba aja googling.
      baru launcing, daripada led merk entah berantah. kisaran 25rb, cuma linknya lupa mas

    • udah ada led buat motor dri autovision mas, coba aja googling.
      baru launcing, daripada led merk entah berantah. kisaran 250rb, cuma linknya lupa mas

  26. LED yg rencana ane aplikasikan jneis LED 3 titik gan, nyala 2 lampu untuk low beam 20watt, sedangkan pas nyala high beam 3 titik(led) hanya 30watt, mantap ga tuh??? :D, ane masih ragu antara tekor tidaknya aki supri, tentunya ada sedikit modif di kelistrikan…

    nanti ane ulas lebih lanjut…

Leave a reply to darana Cancel reply