New Supra X 125R, Nyaman Bro…

Riding…dan Riding…

Hampir seperempat waktu yang saya miliki selama kurun waktu 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu, 4 minggu dalam sebulan, 12 bulan dalam setahun habis untuk Riding atau bahasa mudahnya berkendara, dan motorlah pilihan bagi saya untuk melaksanakan fungsi kita sebagai manusia, yakni survive di alam raya ini. Mencari Rizki mutlak dilakukan sebagai upaya untuk mempertahankan kelangsungan hidup manusia, apalagi kalo sudah ada embel-embel rumah tangga, istri, anak, prabotan, rumah dan hal-hal lain yang tidak akan selesai dan tanpa ada ujungnya manakala kita memaknai semua itu dengan kacamata duniawi saja.Lantas bagaimana? Tanyakan aja pada rumput yang bergoyang…🙂

Ketika Penulis memutuskan untuk menggaet si Supri (sebutan untuk New Supra X125R), ada rasa ragu antara memilih New Supra X 125Helm In PGM-FI atau Supra Lama versi Karbu. Siapa yang ngga ngiler disuguhi pilihan dengan selisih harga 250rb sudah dapat Motor dengan fitur cukup kaya, Point pentingnya adalah Injeksi. Siapa yang masih belum kenal sama istilah Injeksi? siapa yang belum faham mengenai efisiensi Injeksi? Hampir semua orang faham injeksi, namun ironinya yang difahami justru hal negatif, ahh… kalo rusak sparepart mahal, bengkel kecil ga bisa service, kalo aki tekor ga bisa hidup, dan hal2 lainnya… Dan sekali lagi ternyata yang menggoda untuk tidak melirik injeksi adalah Harga Jual… Siapa juga orang yang ga pengin, suatu saat motor kesayangan udah bosen, dijual dengan harga relatif stabil dan tinggi. Nah, dari sini akhirnya pilihan jatuh pada si Supri Winning Red tsb.

Nyaman. Ini kata yang bisa saya ucapkan… comfortable, ergonomic, handling, semuanya terover dalam si supra ini. namun ada yang kurang, ko lampu depan agak redup ya… (sudah ada antisipasi sedikit), tapi ko ditanjakan agak memble ya…

Monggo, barangkali ada yang bisa bantu sharing…:)

 

79 thoughts on “New Supra X 125R, Nyaman Bro…

  1. kalau saya bukan tipe orang yang cepet
    bosan dengan tipe motor. makanya saya
    memilih motor yang dapat dipakai dalam waktu
    yang panjang.
    Honda emang oke, sampai saat ini pun
    sufra fit saya tidak pernah cerewet.

    yudhadepp.blogspot.com/2012/06/mengapa-suara-knalpot-racing-saya-cempreng.html?m=1

  2. saya ikutan share yo mas.
    Supra x 125 motor awet, irit juga, nd ngertiin kantong mahasiswa.
    nyaman banget buat dlm nd luar kota.
    cuma pas ditanjakan aja yang berat.
    hehehehee…🙂

  3. supra x 125 emang berat di tanjakan karena pakai final gear belakang 35..coba masbro ganti pakai blade atau supra fit dijamin jos ditanjakan tapi topspeed bakal berkurang mas bro.

    • Matursuwun banget bro infonya. Cuman saya mau tanya :
      1. Final Gear Blade dan Supra Fit brapa jumlahnya?
      2. kalau kondisi standar Supra X 125, Final Gearnya kan 35, kalau saya mau ganti langsung punya Blade, perlu motong rantai ga masbro?
      3. Beli finalnya aja ato 1 set punya blade/ fit masbro? harganya brapa?
      Thanks

  4. beli gear seat blade aja bro 15/37,,tapi kalo mau beli gear set mending misah aja bro masalahnya rantai blade gak bisa dipasang di supra 125 karna kependekan,,kalo mau pake rantai ori supra 125 atau merk TK yg penting panjangnya 104. gear depan blade ditempat ane 40rb,gear belakang 85rb..

  5. saya pengen hsx saya standart tp lain dengan yg lain,udah saya ganti busi tdr ridium,ama per kopling racing tp cuman max bisa lari 110/km
    saya pengen tau brpa top speed nya hsx.dan harus apa aja yg di ganti??

    • Benar sekali masbro, kira2 segitu mileage-nya, kalo Top Speed, hampir setahun ini motor, tp ngga pernah digeber smpe mentok… Ngga berani.. Kpan waktu pengen ganti final gear. Thks atas kunjunganya masbro…

      • aku pernah nyoba beberapa kali..
        top speed mentok bisa ampe 120 an + mas bro (single) klo boncengan cuman 115 an mentok (motor standart pabrik. motor normal.. feeling bagus).. pentokin aja.. tp treknya kudu panjang banget (jalan lingkar misalnya).

          • Mas bro.. Salam HSX125
            Motor masih ga kuat nanjak mas?
            Kalo pengalaman saya juga sama nanjak gigi 1 serasa pake gigi 2😀 tapi namanya udh suka ama nih motor. Ga masalah lah tapi lama kelamaan kok berasa juga ya kurang nyaman.⌣┏̲H̶̲̅┓̲
            ┏̲A̶̲̅┓̲
            ┏̲H̶̲̅┓̲
            ┏̲A̶̲̅┓̲
            ┏̲H̶̲̅┓̲
            ┏̲A̶̲̅┓̲

            Ganti gear aja masih kurang mas. Coba deh businya diganti pakai ngk platinum tutup businya juga diganti yang aftermarket kalo bisa pake punya mobil mas. Stel ulang karbu kalo mau repot dikit. Di naikin masbro kompresinya. Dijamin ditanjakan nyundul” mas. Segitu dulu aja masbro.hhe

            Kalo HSX saya sekarang sudah bore up jd 150 cc mas jadi nanjak pake gigi 2 udh berasa kaya gigi 1 hhe.

  6. @HSX125INSIDE
    Nampol banget mesti bro kalo udah dirombak kaya gitu.
    spertinya memeang segitu gitu aja tenaga dan feel motor bebek…
    Sekarang pengen ngrasain si superior CB150R…. gimana tu tenaga sama akslerasinya…

  7. klo menurut ane si supra 125 lbh cocok pke gear 38 at pun 40,akselerasi lbh cpt n top sped mlhan lbh tinggi dri gear std….supra 125 gwe taon 2008,pke gear standar cma mentok 105kph,ane jejali gear blkg 40…mlhan bisa lari 120 kph…tapi disaranin klo supra x125ny msh baru dianjurin pke gear 38 aja subtitusi gear fit x…tambah nyaman bro…..cpt sekali tenaganya naik…ingat waktu supra 125 saya msh baru…bejaban kejaran dgn mx cma kalah di top speed aj krn kalah cc

    • Mas Hendra, memang gear 40 pake punya apa? harus modif dulu? karena saya belum menemukan yang plug and play… maksude lubange pas tinggal pasang. Sertahu saya punya New Supra Fit tu cuma 36 masbro… kalo 37 tu punya Revo/ blade. tinggal pasang. Kalo 40 pake gigi siapa?

    • hi bro salam kenal n no offense hanya share aja..ane owner njz 115 cc. Njz ane juga bejaban ma ksx 125 yg karbu..ma yg fi blum nyoba….tpi njz ane ga std lagi..ni spek terakhir njz ane…
      -mesin std
      -busi tdr balistic(22ribu)
      -cdi brt hyperband (380ribu)
      – nobi muffler tribold (250ribu)
      – open filter tpi box dipasang…
      -ban depan 60/80
      – ban blakang 60/90
      -oli (yamalube)
      – gear set (39/15 + rante 428 punya mx 160rebu
      – pilot jet naik satu step jadi 20 (20rebu)

      Topspeed onspido 120 kpj..on gps (103,8 kpj)
      Gear 1 : 40 kpj
      Gear 2 : 80 kpj
      Gear 3 : 100 kpj
      Gear 4 : 118-120kpj..

      Wuiii panjang bgt ya…btw spido ane alay ya…tpi jujur bejaban lo ma hsx…pernah tarikan smpe topspeed ….hsx125 berada 5 bodi blkang ane..trek 2 km an lah….

      Salam kenal masbro….itu saya share bgi owner njz lainnya..coz njz std emang lemot kok..on spido cm 100kpj….on gps (89 kpj)….ane sendiri udah tes…
      #salam safety dr amdeo bro dri palembang…

  8. motor sy uda 4 tahun dan ini pengalaman sy sedikit di hsx125 yg doyan mengendara 16jam di malam hari menggunakan HSX125td,

    ada yg mengatakan supra berat mendaki , nah klo berat mendaki , coba servis berat bro sehernya kali uda kotor klo kotor kan otomatis pengapian ga maksimal hemm skalian ganti ring seher dan karet sell apa lgi motorx uda 2,3 tahunan pastinya uda low ,emangsi hsx berat tanjakan karna gigi2 nya panjang bro ga bisa di samakan ama 110cc yg gigi2 nya pendek
    walaupun hsx aga berat tanjakan tp napasnya kuda, ingat bro jgn di samakan motor baru dgn motor yg uda tahunan dan tiba2 power jadi lemah itu bukan karna rantai tp emang ingin di cervis berat bro, dan jika anda menggati gear yg bukan standar HSX itu sama aja anda menggunakan motor 110cc bukan 125cc
    oh iya bro kalo motor anda ada terdengar bunyi terrrrrrrr saat star itu artinya minta ganti kampas , pake kampas MX pertamanya ju cocok
    / sekian dan terimakasi moga pengalaman sy di hsx pas di hati anda wassalam

  9. Maaf masbro skalian, comment reply saya sudah dikirim seminggu lalu via yahoo, namun entah kenapa ngga masuk ke wordpress :

    “Oya masbro.memang NSX tu nyaaman banget buat harian. Irit pula, sy bisa nyampe 50km/l. Cuman ngga bs dibandingkn sm supri injeksi. Pasti lbh irit injeksi. Oya bro. Gir blakang sy sudah pake punya blade. Mata gigi 37.tarikanya jd lbh enteng..
    Thanks udh sharing..”

    Mohon maaf atas keterlambatannya respon pertanyaan masbro

  10. Itu ganti gear belakang 37 punya blade aja terus rantai tetap pakai asli HSX 125 atau ganti rantai bro?

    Lagi bingung mau ganti gear set punya supra fit 14:36 atau ganti gear set punya blade 14:37

    • Saya pake Blade 14-37, yang diganti gear depan sm belakang, rante ngga ganti secara motor baru 10.000km. Persis plek bro, .Tinggal pasang aja… Tarikan jadi lebih enteng..

      ________________________________

  11. Udah pernah pakai yg 14-36 blm bro? biar bs bandingin lbh enak yg mana antara pakai yg 14-36 sama 14-37

    Oh ya, klo ganti gear belakang aja punya blade ada ta bro yg ori? Motorku msh br soalnya, Kilometer msh 6000 an

    • say pake 14-37 bro… mantep banget tumpakanya…

      ori adanya gearset gan… gantia aj gernya… raqntenya biarkan tetap pake supra…

  12. i love hsx…
    sudah 3 tahun bersama hsx 125, suka dan duka kami lalui..
    cuma satu emang kekurangannya..
    di jalan pegunungan loyo banget, ga boleh ampe pelan tuh motor harus wus wus,,
    begitu ada kucing nyebrang dan terpaksa ngerem, walah langsung dah keteran tenaganya…

      • om, kalo ganti gear set nya berarti pengaruh ke spidometer dong ya?
        kira2 di bengkel resminya bisa menyetel atau menyesuaikan dengan gear set yang baru ga ya?

        • Belum pernah dengar tntang kalibrasi speedo bro, ahass bs ato ngga blm pernah nanya juga. Ane asik2 aj, kl serasa cepat ya biarkan aj, jd ga kebanteren akhirnya bro…

  13. kalo hsx 125 ku yg tahun 2009, dah tak ganti 14-36 pake supra fit, ditanjakan pegunungan walaupun boncengan: sy 75 kg, istri 52 kg, anak 25 kg, masih kuat di gigi 3, tapi kalau lagi agak macet atau pas puncak gunungnya ya pake gigi 2. akselarasi jd lebih mantap, dan top speed sanggup 120 km/j on speedo. pokokny ga malu2in dibawa ke berbagai medan…

  14. HSX 125 ubtk muatan berat dan medan bnyk tanjakan pake gear depan 14 dan belakang 40.
    tanjakan oke datar ngacir pake gear depan 15 dan belakang 40. dijamin wuz…… gak lelet lagi. apalagi bawa istri yang gendut gak masalah gan….

    • Bro/Sist Sofi, boleh minta info, gearset 15- 40 punya motor apa ya? memang bs langsung pasang/ merubah lubang baut dll? trus rantai-nya bagaimana? pake asli supra/ diagnti jg?
      Thnks atas kunjungannya…

  15. Emm lo mau naik supra rasa ninja
    beeee aya aya wae kang…
    Ni pengalaman ane.. Supra ane tak ganti gear setnya. Biasa kmpung bnyak tnjakan.
    Dpan tk kasiH punya grand blakang pny supRAFIT.
    13:38
    wez wez tarikane brow
    nyer nyer… UntUK LARI 100Kpj
    on spedomter cuepet..
    Pnya ane tk geber bz 130kpj lbh dikit..oN SpeDOMETER.

    ha ha padahal paling cuman 120
    krn sensor spedo supra d final gear,y siH. 15 jad 13 dah pasti jadi lbh knceng oN Spedo lah.

    moNGgo d cobA. Tp gigi 3 4 enteng,y minta ampun lah

    • Thanks for sharing gan Yoko, FYI, setau ane final gear supra Fit New tu 36 deh, agan Yoko beli yang after market ya? Kalo supra Fit lama (persis supra X 100 CC) itu kalo ga salah final gearnya 40.
      Ane nyari yang 38 ko belon ketemu ya? Perlu rubah rantai juga atau tetap pake bawaan supra X 125 gan?
      Makasih kunjunganya ya gan… 🙂

            • coba maen ke Pasar Barito, disana malah rata2 ORI, cuman kudu pinter2 nawar gan…. tau g barito? Kalo dari simpang lima, ente ke timur arah mranggen, nanti kalo ketemu jembatan sungai (banjirkanal timur), nah sebelum jembatan ada jalan ke kiri, itu pertigaan, masuk deh, sepanjang kurang lebih 3km itu pusat barang bekas alias Mbarito…. disitu semua barang ada, asal pinter nanya, nawar…

              Good luck

                  • Oke gan, ane tar bawa pricelist dari AHM, biar ga dikibulin harga :v

                    tapi apa mending ganti di Astra sekalian ya :hammer:
                    Main Branch AHASS yang lengkap di mana ya? Gajah Mada bukan ya?

                    • Iya gan, penting tu bawa data sheet HGPnya, ane pernah survey, kalo kita ga tau harga, dikasih harga lebih dari Part Orinya gan, gile ngga tu…. kan karena euforianya kita butuh, trus suasana ga mendukung(hujan, buru2, ndang cepet dapat) taunya kita maen oke-oke aja, alamat keblondrok deh gan… So… cool aja, sok ga butuh aja gan kalo cari barang, tapi pastikan kita bawa data dari rumah…

                      Astra Motor Gajah mada yang terbaru, terbesar, dan mudah2an terlengkap…😀,

                      Siliwangi juga ada, dulunya pusat siliwangi, sekarang ganti ke astra gajahmada…

                      Gudlak gan

    • Pas Usia motor baru sepertinya demikian masbro, ane juga ngalamin, kalo bunyinya tidak terlalu parah ane ngga masalah, didiemin aja, kebetulan punya ane ga parah banget bunyinya. Spertinya bawaan pabrik kali ya.. moso baru aja bunyi gitu. Ato coba dibawa ke bengkel resmi, minta di cek, apa njedog shocknya,

      thanks sudah berkunjung…

  16. Salam Kenal Mas Mas Penunggang HSX125..Saya Juga Penunggang HSX 125..dari apa yang mas mas rasain saya juga ngerasain..memang HSX 125 Kurang untuk Medan yang tanjakan..masalahnya ada pada Final Gearnya yang menggunakan 14-35..jika di hitung rasionya hanya 2,5..kalau peforma mesin saya tidak sangsi tuh..HSX 125 TOP deh..nahh jika kita liat disini..rasio HSX 125 memang di design untuk wilayah dataran alias perkotaan..saya juga pernah ganti Final gearnya ke 14-36 dan hasilnya memuaskan akselerasi lumayan ..saya pernah sampai top speed 130kpj..on speedometer..hehhehe dan dibawa ke pegunungan juga ga kalah..tapi gas nya terasa berat..gas di pelintir dalam dalam juga gak ada respon..tp udah bisa untuk diajak ke puncak.. hehehe😀..tapi tetap saja saya rasa akselerasinya kurang..
    saya mau nanya ne sama mas akhfauzan..pengalamannya pake 14-37..apa aja kelebihan n kurangnya..buat rekomendasi saja..
    rencana saya mau ganti ke 15-39..tu rasionya 2,6 ..kalau 14-37 saya sangsi kegedean rasionya..2,64#@#@# tu rasionya..kudu di komen ya mas..hehe

    • Alhamdulillah…. SupraX lover nih….🙂,
      Kalo bahasan kenyamanan dan ergonomi udah ane tulis di artikel atas gan, jadi no more than word dah… :v, ane pake 14-37 gear depan bawaan dan gear belakang punya Honda Blade/ Supra Fit, agak lupa…

      Yang jelas, tarikan lumayan gan, ngga seberat waktu pake 14-35 STD pabrik, agak nampol ya meskipun kalo mau tanjakan gombel (semarang punya) harus agak di shift (bahasane😀 ), pokoke ditariiik dulu agak tinggi rpmnya gan, nanti ringan ketika udah nanjak…

      Dari beberapa komen yang mampir, ada rekan (cie…) yang mengutarakan kalo rpm tepat, tarikan mesin bakal mantap, asal jangan telat ngegas aja gan. mungkin kenapa harus ancang2 dulu, karena torsi bawaanya kecil kali gan, jadi salah gas/telat gas aja bawaanya udah ngeden…. (berat),

      Performa 14-37 lumayan, ya kalo dibandingkan sama 14-35 jauhlah… top speed belum ane jajal sampe menthok, karena jangan berpatokan pada top speed gan, dari pengalaman ane dan komen2 di dunia maya, perubahan final drive di supra kite, akan memanipulasi mekanisme penghitungan speedometer, karena sepertinya di motor kite pake sensor putaran gan, jadi gear semakin besar akan semakin memperbesar output sinyal yang dihasilkan, sehingga kecepatan serasa naik, padahal jika disandingkan dengan gear STD Pabrik, kecepatan tetap. CMIIW ya gan….

      Mudah2n sedikit mengobati penasaran agan… sori, sabtu ahad offline dari dunia perblogan, eh perwordpressan…😀

  17. @Fauzian, PNP gan, caranya ya ga ada yang spesial.agan tinggal bongkar aja seluruh baut roda belakang, agan buka cover sproket depan, ganti sama gearset yang kaya ane sebut, pake Blade gan mata belakang 37, kalo mau mantap cobain lagi punya Supra X FI slim, kayaknya gigi belakangnya 40 deh😀, bisa bisa mabuur gan….

  18. nah makanya, emang biasa sih di tempat kayak gitu kalo ga ngerti harga malah di “tutuk”
    udah siap harga parts n katalog parts HGP, kemarin search juga soanya mau tahu di Astra berapaan🙂

    untung ga di Siliwangi, kejauhan mas T.T

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s