Nih, Cara Buat Pass Beam!!!

Bro Sis semua, lama ane tidak mengupdate blog, mungkin hampir semingguan, kalo lihat post dan comment ane hamper setiap hari musti buka ini blog, kakrena siapa tau ada yang comment, penasaran sama brotherhood yang iseng mampir ke Blog ini, kembali ke niatan awal: open mind dan berbagi dalam blog tentang ilmu atau pengalaman yang kita miliki. Postingan ane kali ini menjawab permintaan dari Bro yang meminta diposting kaitannya dengan cara membuat Hi Pass Beam seperti pada postingan Membuat lampu Hi Pass Beam.

Alat yang dibutuhkan :

  1. Obeng Plus
  2. Obeng Minus Kecil
  3. Tang Potong
  4. Tang lancip
  5. Cutter

Bahan yang dibutuhkan :

  1. Relay 5 kaki (Seri ini Bro, jangan salah Beli!  0 332 209 151) dipasaran disebut relay dengan pemutus/87a
  2. Soket Relay 5
  3. Skun Male
  4. Skun Female
  5. Skun O
  6. Kabel 0.5 mm
  7. Cable ties
  8. Selang Bening

Setelah semua lengkap, kita mulai operasi pembuatannya:

Langkah Pertama yaitu dengan  membuka terlebih dahulu Headlamp Cover, maka kita akan menemukan serangkaian kabel dengan skema pemasangan standar pabrikan. Kurang lebih skema kelistrikan Headlamp standar NSX 125R seperti gambar dibawah ini.

Selanjutnya kita pelajari skema modifikasi headlamp NSX 125r untuk membuat Hi pass Beam, seperti dibawah ini

Perlu diketahui :

Warna Kabel pada saklar sebelah kiri mungkin berbeda untuk masing2 tipe, nah untuk NSX125R, tapi agak lupa ane untuk pewarnaan kabelnya, coz masangnya tengah malem buta… coz udah penasaran banget buat trik ini…😀 (mhon koreksinya mas bro)

  1. Input  dari Saklar kanan(on-off masukan dari Spull) = Putih strip Biru
  2. Hi Beam = Biru polos
  3. Low Beam = Putih

Pada Skema Modifikasi diatas pembuatan lampu HI Pass Beam ini hanya merubah sedikit jalur kelistrikan pada Saklar Standar Hi/Low (sebelah kiri), dengan jalan sebagai berikut :

  1. Menyambung Input lampu High Beam dari Saklar Kiri menuju ke kaki relay 85.
  2. Melepas kabel Input  dari Saklar kanan(on-off masukan dari Spull) dari saklar Kiri, kemudian disambungkan dengan Relay kaki 30.
  3. Menyambung kabel input low Beam ke Relay kaki 87a
  4. Membuat jalur baru dari saklar kiri (yang seharusnya input dari Spull) yang dihubungkan dengan ACCU langsung. Caranya yaitu dengan menghubungkan ke kabel arus positif dari kunci kontak keluaran. Hal ini akan menyebabkan, lampu Hi pass Beam dapat menyala meskipun mesin dalam keaadaan MATIn namun kunci kontak dalam posisi ON.
  5. Sedangkan ground dari relay (Kaki  86) kita ambil dari baut cover yang bersinggungan dengan frame.

Fungsi Relay pada skema ini digunakan untuk memutuskan arus listrik Low Beam apabila tombol Hi-Pass Beam ditekan. Namun pada kenyataanya (setelah saya selesai terapkan), lampu Low beam tidak mati ketika saya menyalakan Hi Pass Beam tersebut. Saya belum kroscek lebih lanjut karena terbatasnya waktu, pengaruhnya adalah ketika lampu nyala malam hari (low beam nyala) pada saat kita tekan Hi beam, maka lampu Hi maupun Low akan nyala bersamaan, memang sangat terang. Tetapi hal ini tidak akan menjadi musibah bagi biker lain manakala kita menurunkan ketinggian sorot lampu kita😀

Kalo semua langkah tadi udah bro lakukan, coba test dulu bro lampunya, kontak di ON, lalu coba dinyalakan saklar Hi Beamnya, kalo lampu nyala terang berarti DONE!!!

Cekidot saklar yang udah jadi BRo…

Tambahan Teknis Pemasangan

Cara mencabut kabel soket saklar panel kiri adalah dengan mengungkit pengunci pada soket dengan obeng minus ukuran kecil. Setelah kita mencabut kedua kabel, di situ situ sudah ada skun female dengan ukuran yang kecil, kita tidak perlu mencabut skun tersebut agar jika kita ingin mengembalikan motor ke kondisi awal maka kita tidak perlu lagi harus memasang skun female kecil tadi, caranya langsung saja pasang skun male-female yang sudah kita sediakan tadi, karena ukuran dari skun male-female tersebut lebih besar daripada skun female standar motor.  Jangan lupa sebelum memasangkan skun pada kabel, masukkan terlebih dahulu kabel kedalam selang.

Berikutnya kita akan bahas penggunaan dari skun female ini. Fungsinya adalah sebagai penghubung antara kabel dari aki (membuat jalur kelistrikan sendiri, bisa dengan mengambil jalur out dari kunci kontak[kabel warna merah]) dengan soket saklar panel kiri yang tadinya digunakan oleh kabel warna putih (lubang yang di tengah pada soket), namun di sini kita perlu sedikit memodifikasi skun female ini agar sesuai dengan ukuran lubang pada soket saklar panel kiri.

Berikutnya kita bahas penggunaan dari skun O ini. Skun O ini digunakan untuk menghubungkan kabel ground/minus/body dengan body (baut-mur) motor, pada ujung kabel minus itu sendiri kita hubungkan ke relay pada kaki 86

Thanks to bro Labib

Oke BRo Sis, ini dulu yang bisa saya sajikan. Monggo komentar dan sarannya…

Keep Share and brodehuut…

67 thoughts on “Nih, Cara Buat Pass Beam!!!

  1. om, jadi intinya lampu jauh dekat digabungin gitu ya? Biar makin terang begitukah?
    teruz itu posisi saklar di jauh apa dekat? Dan jika dijauh, truz lampu dekat hidup semua juga atau cm salah satu aja.
    Trus apakah lampunya bisa awet om jika keduanya disambung bg2?

    Dan juga buat tambahan terminal relay yg 85 dan 86 bisa dibolak balik om. Hehe

    • Wah, agak rame nih…sip2….
      1. Bukan digabungin, prinsipnya menjadikan lampu high beam itu mnjadi lampu pass beam (lebih terang) karena lampu hi beam/ lampu jauh menggunakan suplay dari ACCu langsung. Kalo punya ane hidup semua jauh dan dekatnya itu murni mungkin saya salah pasang kabel/ terminal relay==> ini yang belum saya oprek, Masih menikmati dual lamp nyala semua…😀
      2. Posisi saklar lihat di gambar akhir bro…Di zoom tho…🙂
      3. Jika dijauh, selama lampu dekat nyala ya nyala bersamaan, tapi kalo pas saklar kanan ga dihidupin(off), ya yang nyala cuma lampu jauh aja…
      4. Ini masukan ya? 85, 86 sama2 output y bro? thanks ya…coz ga tau lbih lanjut mngenai relay…

      pengen lebih detail lihat di comment2nya ini bro
      ..https://akhfauzan.wordpress.com/2012/06/04/membuat-lampu-hi-pass-beam-honda-nsx-125r/

  2. tks skema udah dimuat. setelah saya pelajari seharusnya lampu low off saat menggunakan hi lamp. apakah pin 87 dan 87a disambung agar tetap nyala. Kemudian kl dipanteng lama apakah tidak tekor akinya karena lampu yang digunakan 2 x 35 watt. sekali lagi tks atas skemanya

    • Iseng2 bro, sbenernya gampang ko bro… cuman kita mesti berani…
      * dulu ane bekas montir ahass 3bulan (PKL STM maksudnya😀 )

  3. Mas bro.
    1. Kenapa setelah saya coba bikin rangkaiannya
    Kabel yang dari accu ke switchnya malah terbakar, Apa perlu tambahan sekring(fuse)?
    2. Apa perlu memperhatikan kualitas kabelnya juga?

    • 1. Fuse ngga perlu mas Bro… punya saya pake Osram 35watt x 2 ngga masalah, dipakai tanpa fuse.
      2. Kualitas Kabel sangat mempengaruhi bro, karena Arus Pass Beam diambil langsung dari accu, jadi cukup panas ketika melewati kabel, diameter kabel yang saya pakai sama dengan kabel bawaan motor. Saya belum ngukur, spertinya diameter kabelnya 1 mm. Isi serabutnya tebal, padat berisi (serabut kuningan/ atau warna abu2).
      Gini dulu bro, kalo masih kurang jelas bisa ditanyakan lagi, saya ngangkai skema ini ke motor cuma sekali jadi mas bro… ngga ribet ko, sangat sederhana…
      Oke, thanks Bro Denys atas kunjungannya.

  4. Pingback: Update, Hasil Pembuatan Lampu Hi Pass Beam!!! | Akhfauzan's Blog

  5. Terima Kasih Mas Fauzan

    Saya udah coba. Hasilnya Perfect
    Jupiter saya udah bisa nge pass Kendaraan pribadi ato bus2 yang nekat.

    • Gagal dimananya? Lampu Hi nyala waktu saklar ditekan? Sudah cek arus dari kunci kontak? Biasanya ga nyala karena salah merangkai skema. Diulang dan diperhatikan dengan seksama skema maupun pemasangannya.
      Oke, cek dulu kegagalanya dimana, nanti lapor lagi,

      thks sudah berkunjung🙂

  6. Salam gan, artikel yang sangat menarik..
    Saya mau nanya nih HSX 125 kan punya 2 bohlam tuh, bisa gak pasang Pass-Beam nya yang sebelah doang, jadi saat Pass-Beam off lampu normal..
    Mohon pencerahannya gan.
    Terima kasih

  7. Gan, sory baru reply…

    Prinsip pass beam ane tu mengakomodir arus dari accu, khusus untuk High Beam(lampu Jauh), jadi kalo posisi low beam, nyala lampu normal dari spull gan…
    Kalo cuma sebelah ga bisa gan, kan fittingnya jadi satu, paralel antara kiri kanan…
    guud luck🙂

  8. mau tanya gan, saya baru mau membuat pass beam untuk motor HSX 125.
    saya mau tanya :
    kalau lampu pass beamnya nyala sebelah doang tapi kalo lampu utama dinyalakan dua duanya nyala normal gan? mohon pecerahannya

    • Jalur lampu dr saklar kan gabung jd satu gan, tp kalo agan bisa modif jalurnya sebenarnya ga masalah gan, krna prinsipnya tegangan aki kan stabil, tergantung beban, jd ga bakal mutusin tu lampu meskipun 1biji yg nyala(pass/ hi beam)… Kalo lampu lownya 2 ya normal gan… Kan std pabriknya memang 2 biji…
      Gud lak…

  9. klo di buat nyala breng hi n lownya gmn bro skemanya?kn hi lonya arus dc ma ac klo nyala breng ap g ad efek negatif tu?

  10. Kalo dibuat nyala bareng, ngga usah pake skema modif diatas, tetapi pake skema standar, namun input arus yang masuk ke saklar on/off diambil aja dari kontak on (langsung accu), cuman saran ane kalo masih pake kelistrikan AC (dari spull) belum di Full DC, atau belum pake booster accu, mending standar aja gan? ato pake modif ane aj, karena kalo ngga accu bisa tekor kalo low/hi nya ambil accu semua… kalo nyala bareng ga ada efek, kan nyalanya sendiri2, pas pake hi beam arusnya accu, pas di low beam pake spull…
    semoga jelas…
    Thnks udah berkunjung

  11. Pak, mau nanya..
    1. Harga dari semua bahan” diatas kira-kira berapaan ya?
    2. Lampu senja NSX125 saya guwampang banget putus, saya heran sekali: (1) berapa watt/volt sih daya standar dop lampu senja?, (2) demikian juga berapa watt/volt daya yang disuplay dari spull ke lampu senja? mohon masukkannya..
    Terimakasih.

    • Maaf gan, baru sempet respon, panjang nih :🙂

      Sama aja nih dengan post di artikel ini https://akhfauzan.wordpress.com/2012/08/02/update-hasil-pembuatan-lampu-hi-pass-beam/#comment-432 jawabanya :

      1. Kalo harga Lampu Aspira yang 18watt kisaranya di 10-12 ribu pak,
      Kalo bahan2 semuanya, Coba ane inget2 :
      Relay : sekitar 35- 45rb
      Socket Relay : 15rbuan
      Kabel2 : paling 12 ribuan
      Skun2/ soket : 10rbuan ( 5- 10 buah)
      Osram all season : 35rb/buah, yang cool blue 30rban
      Isolasi : 5rb/buah
      Selang : 5rbuan
      Cable Ties : 500/bh

      2. Untuk lampu senja speknya kyaknya 12volt, 6watt. Saya lupa, nanti kalo pas bongkar coba ane update deh gan… Memang seharusnya daya maupun voltase yang masuk ke lampu senja sama, yaitu 6watt, nah, kalo sering putus kayaknya ada masalah dengan kiproknya gan, cek aja,kalo lampu depan juga sering putus artinya kiprok udah ga normal,
      Untuk Case lampu senja sering mati memang saya pernah dengar keluhan di beberapa blog, bisa jadi ada kendala di regulator/kiprok, nah yang unik, saran dari mekanik Resmi honda mengatakan kalo bisa waktu menyalakan lampu senja dibarengkan saja dengan lampu utama, saya ngga tau alasan resminya, namun kalo dilogika, nyala bersamaan ini artinya arus yang ke lampu senja jadi lebih kecil sehingga tidak rawan putus. Beda manakala lampu senja saja yang hidup, maka arus dari spull hanya mensuppport lampu senja, nah ini yang bisa jadi soal.

      Cttn: selama beli di 2012, ane normal aja meskipun hanya nyala lampu senja tanpa lampu utama hidup,

      Saran : 1. Pake Bohlam lampu senja STD, punya Stanley, jangan yang lain.
      2. Kemarin di artikel ini https://akhfauzan.wordpress.com/2013/06/10/merencanakan-modif-lampu-senja-supra-x-125r/ ane berencana ganti lampu senja Supri Ane pake LED, artinya ambil arus dari Accu, sehingga pasti lebih terang dan awet. namun belum teralisasi. Sabar aja. Kalo ada waktu ane bakal oprek lagi…

      Thanks for sharing…

  12. Pin 87 dari Relay koq ga dipake ? Bukannya pin 87a dan 87 untuk Lampu Utama (jarak dekat dan jarak jauh) ? CMIIW

    • Perhatikan pada Skema MODIFnya gan :

      Gan, Pin 87 pada Skema Modif ane ngga diulik2 alias ngga di otak atik, biarkan pada tempatnya, karena pin 87 ini hanya sebagai inputan manakala lampu High Beam nyala, arus akan melewati koil (didalam relay) antara kaki 85-86 sehingga akan memutus arus dari spul pada pin 30 ke 87.

      Perlu diingat, Relay tipe ini 0 332 209 151 dipasaran disebut relay dengan pemutus/87a merupakan relay Normally Open juga Normally Closed , yang mana ketika saklar High ditekan, maka arus dari Accu akan langsung mengalir ke lampu HiBeam, sekaligus memutus aliran Arus dari Spul ke Low Beam. Nanti ane coba postingkan Prinsip Normally Open juga Normally Closed deh.

      Sekian, mudah2an mudheng… Thnks for Sharing🙂

  13. Pingback: Prinsip Kerja Relay 87a | Back to Nature to save our Planet

  14. mas mau tanya, kalo u/ pemasagan di vario 125 iss warna kabelnya warna apa aja ya? maklum mau nyoba krn ga pernah bongkar” kelistrikan. Sama jika mau mematikan fitur AHO musti motong kabel yang mana? thx mas

    • Secara Spesifik ane ga tau pastinya gan warna2 kabel di vario, skali2 iseng aja gan bongkar tu bagian headlamp, toh ngga bakal rusak kan asal kita tau dan bisa bongkar pasangnya, ane aja based experience gan, iseng2 bongkar ternyata bisa dan ngga sesusah yang dibayangkan…

      Fiitur AHO itu berarti kabel yang dari Spul via kontak langsung terhubung ke lampu, ( Kalo ini agan perlu konsultasikan, karena agak ribet jalurnya), kalo udah ketemu jalur arusnya, tinggal dikasih saklar (biasanya kanibal punya Vario Lama), gitu aja gan… refrensi coba ubek2 ke mazped.com

      Sekian, trimakasih

    • Bantu jawab. Kabel hi di vario iss yg warna biru. Kabel low warna putih. Vario 125 udah dc mas, kayak mobil.
      Untuk matiin fitur aho, coba congkel saklar lampu yg dikiri, nanti ada 3 kabel, biru (hi), putih (low), dan coklat. Copot yg coklat dari soket (sodok pake obeng kecil, tekan kuncinya. Nah, kabel coklat itu sambung ke saklar on/off, terus yg dari saklar balikin lagi ke soket. Udah gitu aja. Gampang kan?

  15. Bro ada foto penempatan relay dll setelah dipasang,maksud ane tata letak nya,biar jelas.
    . .ane mw coba nih,nice info bro.. …..

  16. Nice info gan. Gw juga penikmat hsx 125
    Ane mw coba buat gan, pengalaman naek sepeda laki, passbeam emang penting

    Ane tanya nih, ada penampakan pemasangan nya gak?maksud ane tata letaknya. Maklum newbie urusan modif.
    Jadi setelah instalasi pass beam.,lampu utama ganti aspira 18/18 gitu ya. Ada rekomendasi lain gak, yg penting tetep aman.

    • Ane dulu pake aspira 18/18. ni udah fullwave ane ganti LED 20/30W…🙂, cek artikel berikut, news…

      Untuk saklar, ane gunakan sklar pabrik gan, jadi ga perlu saklar tambahan atau coak mencoak…🙂

    • Ane pake saklar bawaan gan, biar motor keliahatan rapih, kalo nambah saklar gampang saja yang penting tau jalur kabelnya… cuman ane lagi ga fokus, mending agan ikut tutorial ane aja, udah nyaman banget gan, ane pake 2tahunan ga ada kendala…

  17. Oh itu kalo mau lampu senjanya dibuat mati posisi relay harusnya diletakkan sebelum saklar lampu senja kang. Jadinya kalo high pada beamnya on posisi relay jd off buat lampu senjanya

Leave a Reply

