BBC Planet Earth, Episode Pertama. Kutub ke Kutub

Versi bahasa Indonesia

Seratus tahun lalu, satu setengah miliar orang hidup di Planet Bumi. Sekarang, lebih dari enam miliar orang berada di planet kita yang rapuh. Namun demikian, masih terdapat tempat di Bumi ini yang hampir tak tersentuh oleh manusia. Seri ini akan membawa Anda melihat secara langsung padang belantara beserta satwa liar pada Planet Bumi ini, yang anda belum pernah melihat sebelumnya.

– David Attenborough’s, narasi pembuka

Di sebelah utara Canada, ada sebuah hal yang menakjubkan, perjalanan migrasi binatang terpanjang didunia yang mengabiskan jarak 2000 mil, binatang itu adalah Carribu (semacam Lembu menyerupai kerbau/sapi), perjalanan panjang itu ternyata tidak semudah yang dikira, ancaman serigala sampai terjadinya kejar mengejar antara pemangsa dan yang dimangsa akan ditampilkan dalam episode ini.

Macan Tutul Amur dari Afrika

Hutan timur Rusia adalah rumah bagi macan tutul Amur, dengan populasi yang hanya berjumlah 40 ekor, kucing ini menjadi binatang paling langka di dunia. Hal ini disebabkan karena perusakan habitat mahluk ini, Attenborough menyatakan ” Lemahnya penjagaan terhadap Binatang langka”.

Hiu Putih

Meskipun demikian, di wilayah hutan hujan tropis yang luas wilayahnya merupakan 3% dari permukaan planet Bumi ini masih mempunyai 50% dari jumlah spesies macan tutul Amur ini.

Dalam episode Planet Earth ini Juga digambarkan seekor Hiu putih yang menagkap mangsanya dalam hitungan sepersekian detik, namun ditampilkan dengan sangat memesona dengan perlambatan empat puluh kali (slow motion)

Spesies lain yang ditunjukkan adalah burung Nugini surga, anjing pemburu Afrika dalam mengejar Impala, gajah Afrika yang bermigrasi ke arah perairan Delta Okavango, sebuah siklus musiman pertumbuhan dan bersemainya tumbuhan, bung-bunga dan pepohonan yang hidup di Gurun Kalahari setelah sebelumnya kering kerontang, dan 300.000 Baikal teal bermigrasi, yang terdiri dari seluruh populasi spesies binatang di dunia dalam satu kawanan. Segmen Episode Perjalanan Planet Earth menunjukkan bagaimana perburuan anjing liar difilmkan sangat lembut dengan bantuan alat Heligimbal: yaitu alat berupa kamera dengan Performas Super, Gyro dengan Stabilizer yang dipasang di bawah helikopter.

 Artikel ini mengajak anda untuk hidup kembali bersama alam… Menjaga lingkungan, habitat mahluk hidup, melestarikan alam semesta ini demi masa depan kita bersama…

Keep Post, Keep Share…Enjoy…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s