Back To Nature: Berkebun

IMG_20130620_060739

Berkebun bagi sebagian orang memiliki arti yang berbeda-beda, ada yang menganggap berkebun sebagai profesi harian, ini  disebut buruh perkebunan (ngga semua kali…), ada juga yang menganggap berkebun adalah sarana untuk menghasilkan uang, lha kalo yang ini tujuannya murni komersial, alias nyari untung. Kalo tiper berkebun yang ketiga adalah menjadikan berkebun sebagai sarana hobi dan menghilangkan kepenatan setelah rutinitas kerja melanda.

Nah, Apa sih point penting dalam mewujudkan Semangat Go Green?

1. Siapkan mental dan Semangat

Apa pentingnya? karena semangat ini yang akan jadi spirit untuk memulai segalanya, lebih dalam lagi diartikan dengan Niat. Jika niat untuk menata halaman, lahan/ tanah kosong ada, maka ini bekal pertamanya.

2. Alat/ perkakas

Lho, jangan pikir untuk menata halaman rumah, atau lahan kosong ini tidak butuh alat, banyak alat yang musti kita siapkan dalam berkebun, saya akan jabarkan dalam artikel lain, sebagai contoh adalah : Cangkul, Arit(sabit), cangkul kecil, trisula atau apa namanya, garuk kecil, pisau, ember, penyiraman dll. Minimal kedua alat didepan boleh anda miliki. Eit, gimana kalo yang mau berkebun cewek??? Yo mesti disesuaikan segmentasinya, misal yang mau berkebun cewek, masa disuruh nanam Pisang Kepok, imposible kyaknya, mosok Cewek disuruh Nyangkul? ngga jadi lubang malah tangane yang berlubang (lecet2 semua) kecuali yang ada bakat Tani, he-he… Kalo untuk cewek ya yang ringan aja, nanem Salak misalnya, he-he, sama aja kali. Huss, back to topic

IMG_20130620_060720

3. Siapkan Tema Berkebun

Apa pentingnya? nah ini, supaya kebun kita segmented, maksudnya, kita mau menanam tanaman sayur sperti : lombok, sawi, timun, kacang, terong dll, atau menanam tanaman yang membutuhkan waktu agak lama, seperti Pisang, klengkeng, Durian dll. Namun ini juga bisa dikombinasikan, nanam pisang sambil nanam lombok, ataupun yang lainnya, jati sama kapas, ngga nyambung mas…🙂

4. Siapkan Pupuk Kandang dan Pupuk Buatan (ngga harus)

Pupuk Kandang sangat berperan dalam starter/ permulaan tanaman, karena unsurnya yang baik bagi tanah, juga bersifat menambah hara pada tanah yang akan ditanami. Sedangkan untuk pupuk buatan hanya bersifat sekunder, lebih baik pake pupuk kandang, kan semangatnya Go Green….

IMG_20130620_060711

5. Memulai Tanam dan menjaganya

menanam tanaman ini banyak tutornya, search aja, yang terpenting adalah pasca tanam, yakni menanggulangi dari gulma(tanaman pengganggu), hama juga pewaratan terhadap tanaman itu sendiri. Konsistensi dan kesabaran sangat penting sebelum kita menuai hasil ari tanaman yang telah kita rawat…

Sekian saja, Semangat Berkebun!!!…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s