Sekelumit Cerita tentang BPJS

Logo_BPJS_Kesehatan

Awalnya iseng pengen jawab HT di Kaskus yang berisi kicauan negatif tentang program BPJS, jadi kepikiran buat post di WP(wordpress) deh… silahkan dinikmati, Inshaa Alloh bersambung.🙂

Ane merasakan manfaat langsung adanya program BPJS, ane hanya pengen share gan :

1. Coba agan cek ke klinik2 gigi, sekali periksa berapa si? ga cukup 50ribu lo gan, ane pake BPJS Kesehatan via Badan/Perusahaan, sebulan bayar 70rb mengcover 5 orang, (Suami=Peserta BPJS/pkerja, Istri, 3 orang anak), karena anak ane baru 2, jadi masih ada kesempatan 1 anak lagi gan.

50rb hanya periksa, ane ga jamin nominal ini di daerah Jakarta, di daerah ane mungkin masih bisa (semarang), ane ga ngalami keluhan apapun, hanya mencoba mendapatkan hak ane sebagai peserta BPJS, dan tetap dilayani sebagaimana pasien umumnya, ane diperiksa dan dokter kagum karena saat ane periksa gigi tidak ada keluhan namun berinisiatif periksa Kesehatan Gigi, dan ini yang buat dokter tsb kagum, karena umumnya pasien baru periksa setelah mengalami sakit gigi lah, gigi keropos, berlubang dll.

Ane minta ke dokter untuk melakukan pembersihan Karies(karang gigii) ane terakhir bersikan karang gigi di th 2012 kalo tidak salah gan, dan biaya standarnya saat itu 150 per rahang (atas dan bawah berarti 2 rahang gan), jadi bisa agan kira, 2014 mungkin sudah naik kisaran 150-200rb, hitung aja gan, itu di support oleh BPJS setahun sekali. Lumayan kan gan?

2. Ane sengaja testimoni( sedikit memaksa) ke dokter Umum sebagai Faskes(Fasilitas KEsehatan ) Tingkat 1 yang ditunjuk BPJS sesuai tempat domisili terdekat kita masing-masing. ane ajak istri dan anak2, kebetulan anak pertama lagi batuk pilek gan, ane juga sengaja maksa priksa mata minus ane, biar tau sebenernya BPJS beneran bisa diandalkan ato sekedar OMdong kata orang2, apa yang ane dapatkan gan, dan anak ane mendapatkan pemeriksaan standar, obat normal(ane dan keluarga sangat2 menghindari dokter) makanya dapat obat apa aja ane terima aja, blm tentu obat itu ane kasihkan anak. Sepertinya Obat generik, ada syrup antibiotik untuk anak (blm dipake blas). sama puyer2an ane juga ga amati,

Selanjutnya ane ditanya bu dokter gan, apa keluhanya, ane jawab ane mau cek mata bu, udah lama ga cek, selanjutnya bu dokter lansgung buat rujukan, mau ke RS mana mas? yang terdekat aja bu, akhirnya ane dirujuk ke RS Willam Booth (baca;l RS. WB) Semarang (RS. WB merupakan RS Tingkat 2, sepertinya basis Kota/Kabupaten , bukan lingkup Wilayah seperti RS Karyadi),

Selesai diperiksa, surat rujukan njengan bawa mas, nanti di copy untuk kontrol kesini lagi ( intinya lapor balik kalo sudah cek mata dari RS WB)

panjang juga ya gan, ntar ane sambung lagi dah… capek ngetiknya… :ngakak
Masih ada episode lain  ane cek mata ke RS. WB, sama Klaim Resep Kacamata ke Optik yang di tunjuk BPJS

Resume :
BPJS Kesehatan via Badan/Perusahaan, cek program detilnya dimari

Iuran perbulan : 65rb-70rb tergantung besaran gaji agan ( seharusnya pekerja hanya terbebani sekitar 1%), namun karena perusahaan kecil jadi masih kompromi, asal sama menguntungkan
Coverage : 5 orang termasuk peserta BPJS

One thought on “Sekelumit Cerita tentang BPJS

  1. Pingback: BPJS : Cek Mata ke RS. William Booth | Back to Nature to save our Planet

Leave a Reply

