Migrasi Pelumas Supra X 125R

IMG_20140913_063921Sudah lebih kurang 3 tahunan, motor Supra X 125R ane senantiasa mendampingi setiap aktifitas harian, baik itu bekerja, ke pasar, ke kampus, antar anak, antar istri, bisnis, kulineran, janjian, meeting, hadiri undangan dan lain lain, satu yang masih setia dan harapanya selalu ada yakni performa mesin. Ane belum merasakan adanya perubahan efisensi, torsi,power, akslerasi pada Supri. Tiap kali ane pelintir throttle gas, selalu saja ada respon baik yang dihadirkan oleh performa Bebek 4tak yang kata orang disebut Rajanya Bebek 4Tak. Bnarkah demikian? Agan sekalian pembaca yang budiman bisa rasakan sendiri kalo mau, dateng aja ke rumah ane, cobain tu… Mesin Alus, vibrasi minim, tarikan nampol, body kempling (apa hubungane?) Konsumsi BBM jenis Premium masih di kisaran 45-55 km per liter, tandanya mesin masih dalam kondisi baik. Tidak ada indikasi kebocoran kompresi yang mengakibatkan volume Pelumas berkurang, tenaga ngowos (ampos), knalpot berasap putih, Alhamdulillah, perawatan berkala selalu ane lakukan, dari mulai service Rutin kurang lebih schedulenya adalah sebelum Penggantian Oli ke tiga (siklus 4-5 bulanan).  Timelinenya begini :

1. Jadwal penggantian Oli/pelumas juga sebisa mungkin (alhamdulilah terealisir) teratur, ane selalu pantau dan catat itungan Odometer, pertama kali pada saat memasukkan Oli(saat drain), ane catat di notes Android sehingga bisa di rimender.

2. Jadwal Service Rutin (Paket Service Lengkap : tune & Bersihkan Karbu, valve, timing chain (keteng), setel Pengapian, bersihkan filter udara, cek rante, cek tekanan ban, cek kelistrikan dll) ini dilakukan optional, ane juga selalu catat, jadi kapan interval kita akan service lagi, kita bisa tau dan cek running hour mesinnya. Sekali lagi pake Android namanya Keep Gan.

3. Cuci motor, ini juga salah satu bentuk perawatan terhadap Kendaraan agan, semakin sering dicuci, di isik-isik ( di elus-elus) pake Kit atau sejenisnya lah, biar coating motor agan awet dan selalu kinclong. ini menjadikan motor semakin halus dan naman ketika dipake. efek psikologi kayaknya gan

4. Rutin membersihkan Rantai Penggerak (Drive Chain) gunakan kertas yang dibasahi, atau pakai kain bekas, ingat jangan pernah menghidupkan mesin motor selama berurusandengan Drive Chain, sangat berbahaya. Pembersihan dilakukan minimal 2 minggu sekali, disertai dengan pemberian Pelumas. semakin rutin , maka Rantai agan akan awet.

IMG_20140913_064009

Kenapa Migrasi?

Ane berfikir karena tunggangan ane yakni si Supra ini selalu ane pake harian, nonstop , yaa… istirahat kalo malem aja, hehe. lagian ane juga sering bebanin agak berat, kurang lebih 100kg sekali angkut. Maka ane berfikir kenapa tidak memberikan yang agak baik untuk motor ane yang tiap hari sudah membantu aktifitas ane. Disamping itu, ane juga agak gimana kalo mesti ganti oli di kisaran 2200 km, itu padahal pake Bawaan MPX-1 yang diklaim mampu 4000km, alah itu cuma bahasa iklan. Dan banyak refrensi yang ane jadikan responden, akhirnya pilihan jatuh pada Castrol Power 1, selain karena faktor ane pernah make dan ngga ada keluhan, ane juga sudah minta rekomendasi ke suhu-suhu (lebih tepatnya user juga si), akhirnya jatuhlah pada Merek tersebut.

Ada racun yang mampir, untuk menggunakan pelumas Kendaraan Roda 4, dengan jaminan Lifetime lama, kualitas bagus, hasil pelumasan baik, komponen bersih. Namun akhirnya racun tersebut tidak sampai memperdayai, dan ane akhirnya  keburu untuk membeli Merek Castrol.

Saat ini, si Supri sudah menggunakan Pelumas Castrol Power 1, dan menurut perasaan ane, dari awal dituang sampe sekarang di kisaran 300km, masih cukup enak, dan akan terus ane pantau sampai kilometer 1500 sampai kurang lebih 2000km akan ane update perkembanganya.

Stay tune and keep brotherhood

11 thoughts on “Migrasi Pelumas Supra X 125R

  1. akhirnya beralih (baca: ke”racun” :v) juga ke Castrol Power-1 setelah sekian lama pakai ngahaem oil :v, di tempat ente berapaan untuk 0.8ml?

    ane barusan nyoba Shell Advance AX7, rasanya kok masih enakan Power-1 ya? entah belum adaptasi or gimana, tapi barusan dicoba keluar buat beli nasi padang kok jadi aga keras pas mau ganti gigi –“

  2. @Fauzian, pas kemarin beli pertama kali harganya 37 ribu gan, pas ane beli 2 bulan berikutnya jadi 39rb, kata penjualnya bakal naik jad 40rb keatas.

    Ya, kalo ane lebih percaya Castrol ajagan, shell belum pernah coba juga…

    Nice share…

      • Ane udah timang2 dampaik baik dan buruknya pake mobil, so akhirnya ane putusin maen kalem aja dah… Castrol Power 1 sudah lebih dari cukup…

        nanti ane kasih tau hasilnya kalo dah pake Oli mobil y gan…🙂

        • Siap gan, ini mau ngabisin Shell AX7 nya dulu, saang baru seminggu… :v
          paling masih lama ane mau nyobanya, soalnya motor bakal idle bentar lagi…
          mau pulang gan mumpung libur semester hahaha

    • Masih manteng di Power 1 gan, karena ini yang middle bujet, quality jempolan, ane sering pake sampe 3000km masih anteng aja bawaanya, cuman ya itu, karena sayang sm mesin, 3000 lebih ane ganti… 🙂, agan pake apa gan/ share dimari y gan penggunaan pelumasnya?

  3. gan, ane baru migrasi ke castrol power 1, pas mesin panas saat pindah gear ada bunyil bunyi kasar ya(TOK TOK KERAS GITU).. Knapa ya?

  4. sama gan hehehe, biasa make smpe 2000km, tapi kalo kantong lagi gak bersahabat smpe 2500km.
    selama 4 tahun pake mpx terus, trus pengen coba oli lain googling malah bnyk review enduro racing.
    nyoba jg, tapi ternyata yg gantiin oli masukin semua 1 liter gak ditakar sehingga tarikan lemot.karna kecewa gak ada ukuran 0,8l makanya setelah iru pindah ke power 1
    ini sudah pergantian ke 4 heheh

    • mantap gan, castrol power1, awet, ni terakhir kemarin ganti tanggal 28, tahu2 udah 3000km kerasa kasar ngga nyaman, tapi selama 0-3000km sumpah baru kerasa, artinya durability power1 patut diacungi jempol., lumayan ngirit tu, terakhir kmrin 40rb+jasa pasang, bisa 3 bulan je gan…. hehe… Mantapp lah…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s