Update, Hasil Pembuatan Lampu Hi Pass Beam!!!

Sebelumnya penulis minta Maaf masbro, penulis lama buanget ngga update tulisan di blog ini, maklum, selain aktivitas di bulan Ramadhan, terkadang yang menyebabkan enggan untuk nulis adalah munculnya ide, lha gimana mau nulis, baru baca artikel di blog2 senior, sedemikian buanyak artikel fresh tentang motor baru, semuanya bikin konsentrasi yang lain buyar… termasuk kerjaan… Haduhh…bahaya masbro…kalo sekedar mantengin blog2, bisa ngga habis sampe Buka Puasa…. 😀

Bro sis sekalian, pada kesempatan ini saya ingin update artikel tentang hasil pembuatan Hi pass Beam seperti pada artikel terdahulu Nih, cara Buat Pass Beam!!!.  Hal ini  tanpa sengaja dilakukan penulis lantaran bosan menggunakan Lampu Osram All Season Super 35watt dan satu lagi Osram Cool Blue 35watt. Penulis merasa kedua lampu ini kurang memberikan Night Vision yang nyaman manakala malam hari, terutama di jalan2 yang gelap, namun banyak terdapat lubang, kebetulan rumah saya berada di balik bukit, sehingga harus menyusuri naik dan turun bukit, dengan konsidi jalan yang tidak mulus, alhasil kecepatan untuk bermanuver berkurang dengan kondisi jalanan yang tidak mulus. Imbasnya, kitiran mesin pun menurun, rpm rendah untuk mengindari lubang, dan parahnya penurunan rpm mesin akan berakibat pada nyala lampu yang meredup. Wajar saja sih sebenarnya, mengingat Heam lamp NSX 125R pada dasarnya menggunakan 18watt x 2 (STD Pabrik), sedangkan kemarin saya ganti 35watt x 2. Kalau pas saya nyalakan Pass Beam memang sangat terang, karena low dan hi nyala bersamaan, intensitas nyala Hi beam juga sangat bagus, terang. Namun sekarang mulai saya rasakan, ketika hanya dibutuhkan lampu Low beam, sangat tidak nyaman, cahaya yang muncul terkesan redup, dan ada perasaaan was2 kalau kalau Accu bakal ngedrop. Ini yang kemudian saya selalu pikirkan.

Hingga akhirnya penulis melalangbuana mencari lampu halogen standar dengan daya 18watt, akhirnya penulis menemukan Brand Aspira 18/18 watt, 12Volt, bohlam ini peruntukannya untuk Kawasaki Kaze, cukup lama mutar muter Sampangan, MT Haryono(mataram), Jornatan… ke toko2 motor untuk mencari Brand Osram 18watt, sebelumnya sempet nanya di  Toko Langganan di Sampangan Semarang, eh-malah dikasih Halogen yang 35watt. Buat apa?? (batin saya), saya maksa minta yang 18watt, akhirnya diambilkan Osram, namun ketika saya lihat penampakan Bohlam didalamnya ngga jelas mereknya, Yang saya tau Osram pasti menampilkan Kode lampu, Watt, Voltase di badan Bohlam dengan rapi dan jelas, Lha ini ga jelas blas. Saya jadi berfikir, bisa jadi ini bohlam bukan osram, tapi dimasukkan di Dus Osram. Saya nglooyor pulang setelah agak keras minta yang lain, kmudian dengan nada agak jengkel pelayan bilang ngga ada…!!! kalo ada pasti saya Jual!!!  akhirnya pilihan jatuh pada Aspira 12V 18/18 watt, Saya punya pemngalaman pakai Aspira untuk Suzuki Shogun 110D, hampir 6 tahun pakai yang 25watt, nyala terang banget dan sama sekali ngga ada perubahan intensitas dari Bohlam halogen Aspira tersebut. So, ngga da Osram, Aspira jadi!!!

Pake Aspira Joos…

Nah, Case ( lampu Dobel nyala bersamaan Hi dan Low Beam) terkuak!. Ketika penulis memasang Bohlam lampu Aspira 18watt, penulis temukan nyala filamen yang terbalik, kejadian yang sebelumnya terjadi waktu penulis mengganti dari Bohlam STD Pabrik ke Osram 35watt. Akhirnya penulis memutuskan untuk membalik fitting Lampu sesuai kondisi Normal Standar Pabrik. Viola…!!!  memang benar, nyala lampu sudah benar antara filamen dan Swith Hi-Lo. Dan senangnya ketika penulis mengetahui; bahwa Relay Pemutus Arus Low ketika Hi Beam diaktifkan secara bersama2 sudah bekerja. Ini artinya Ketika malam hari penulis menyalakan Lampu Low, kemudian bersamaan itu menyalakan Lampu Hi, maka secara otomatis Relay 87a bekerja dengan memutus Arus dari Spull ke Lampu Low…  Case Close mulai dari Malam tersebut! Senangnya!

Tidak perlu ada lagi kekhawatiran Accu bakal ngedrop karena lampu Pass nyala total hanya 36 watt, dari seblumnya 70watt (Adeeemmm Coy…), fitting/ reflektor leleh pun ngga bakal terjadi…

Nyala lampu Tueraangg Pool… 18 watt halogen, di rpm Rendah ngga khawatir over Redup…. Hi Pass beam juga jooss… masih kerja normal lagi… ngga takut aki tekor…

Terkahir ini hanya Feeling, Tarikan mesin tambah enteng, analisanya karena sebelumnya suplay arus pengisian otomatis meningkat, beban spull untuk menyalakan lampu (Low beam)  juga lebih rendah dari 70watt ke 36 watt. Tapi penulis benar2 merasakan perubahan tarikan yang signifikan…

Monggo dishare barangkali ada masukan…

 

 

 

42 thoughts on “Update, Hasil Pembuatan Lampu Hi Pass Beam!!!

    • Umurnya insya Alloh lebih long life bro… karena memeang konstruksi halogen yang lebih bagus daripada lampu standar… yang penting ngga kena asam/ garam karena kringat di jari kita. Ini yang paling penting ketika handling lampu halogen… 🙂

    • Parameter redup yg bro maksud sperti apa, kl mnurt sy, aspira jauh lebih terang dr bohlam standar, lha kalo semua kelistrikan dan komponennya normal maka seharusnya akan lebih terang krna kelebihan dr halogen itu sndiri, sdangkan kalo masbro menginginkan nyala terang seperti HID hanya dengan merubah lampu, ini hal yang mustahil jika tidak merubah sistem Kelistrikan menjadi Full DC. Sehingga, kalo full dc, lampu osram 35watt x 2 pun dapat diasup oleh kelistrikan dengan baik, bahkan HIDpun bs dianulir ketika sudah Full DC. Mdh2n mencerahkan

  1. justru lebih redup dari bohlam standar, apa mngkin ada mslh pd kelistrikannya ya? o ya mksud fitting yg dibalik itu gmn mas bro?

  2. bro motor saya sama kaya bro nih HSX125TR merah hitam. saya mau bertanya masih agak bingung soalnya . rangkaian yang bro buat itu sama kaya jadiin full wave ya? kebetulan saya pakai bohlam osram 18watt. saya ganti karena bohlam standar tdk fokus. Tapi masih kurang terang bagi saya bohlam osramnya itu. oh iya masbro ini berlaku utk lampu belakang juga tidak. terima kasih.

    • kalo rangkaian saya diaplikasikan di sirkuit fulwave, bisa2 aj masbro. namun rangkaian saya bukan berarti menjadikan sistem kelistrikan/ lampu pada NSX 125R menjadi Full wave, tapi disini adalah menggunakan relay untuk melangsungkan arus dari accu ke lampu High Beam, Ingat hanya High Beam. Sedangkan low beam masih disupplay dari generator. Lampu belakang tidak ada hubungannya dengan jalur lampu depan, alias normal seperti standar pabrikan.

      Cek disini untuk lampu redup :
      Parameter redup yg bro maksud sperti apa, kl mnurt sy, aspira jauh lebih terang dr bohlam standar, lha kalo semua kelistrikan dan komponennya normal maka seharusnya akan lebih terang krna kelebihan dr halogen itu sndiri, sdangkan kalo masbro menginginkan nyala terang seperti HID hanya dengan merubah lampu, ini hal yang mustahil jika tidak merubah sistem Kelistrikan menjadi Full DC. Sehingga, kalo full dc, lampu osram 35watt x 2 pun dapat diasup oleh kelistrikan dengan baik, bahkan HIDpun bs dianulir ketika sudah Full DC. Mdh2n mencerahkan

    • Semarangnya di mataram gan…. banyak banget tu kiri jalan yang jual onderdil motor… cari toko yang agak besar pasti ada… bilang aja punya Kawasaki Kaze R…

  3. Pingback: Ganti lampu Depan Supra X125R | Akhfauzan's Blog

    • Bisa juga mas diaplikasikan di supra x 125r tahun 2007, cermati diagramnya, insya Alloh sangat simpel…
      Trmksh sudh berkunjung

  4. Pak, mau nanya..
    1. Harga dari semua bahan” diatas kira-kira berapaan ya?
    2. Dijelaskan diatas bahwa ada komponen yang harus dibalik”, misalkan nanti saya praktekkan, apa saya perlu membalik-balikkan juga?
    3. Lampu senja NSX125 saya guwampang banget putus, saya heran sekali: (1) berapa watt/volt sih daya standar dop lampu senja?, (2) demikian juga berapa watt/volt daya yang disuplay dari spull ke lampu senja? mohon masukkannya..
    Terimakasih.

    • Maaf gan, baru sempet respon, panjang nih : 🙂

      1. Kalo harga Lampu Aspira yang 18watt kisaranya di 10-12 ribu pak,
      Kalo bahan2 semuanya, Coba ane inget2 :
      Relay : sekitar 35- 45rb
      Socket Relay : 15rbuan
      Kabel2 : paling 12 ribuan
      Skun2/ soket : 10rbuan ( 5- 10 buah)
      Osram all season : 35rb/buah, yang cool blue 30rban
      Isolasi : 5rb/buah
      Selang : 5rbuan
      Cable Ties : 500/bh

      2, Kalo gan Edy pake osram, mesti dibalik gan fitting lampunya, namun untuk Aspira, agan ngga perlu mbalik fittingnya, karena sepertinya memang didesain persis dengan Bohlam Original

      3. Untuk lampu senja speknya kyaknya 12volt, 6watt. Saya lupa, nanti kalo pas bongkar coba ane update deh gan… Memang seharusnya daya maupun voltase yang masuk ke lampu senja sama, yaitu 6watt, nah, kalo sering putus kayaknya ada masalah dengan kiproknya gan, cek aja,kalo lampu depan juga sering putus artinya kiprok udah ga normal,
      Untuk Case lampu senja sering mati memang saya pernah dengar keluhan di beberapa blog, bisa jadi ada kendala di regulator/kiprok, nah yang unik, saran dari mekanik Resmi honda mengatakan kalo bisa waktu menyalakan lampu senja dibarengkan saja dengan lampu utama, saya ngga tau alasan resminya, namun kalo dilogika, nyala bersamaan ini artinya arus yang ke lampu senja jadi lebih kecil sehingga tidak rawan putus. Beda manakala lampu senja saja yang hidup, maka arus dari spull hanya mensuppport lampu senja, nah ini yang bisa jadi soal.

      Cttn: selama beli di 2012, ane normal aja meskipun hanya nyala lampu senja tanpa lampu utama hidup,

      Saran : 1. Pake Bohlam lampu senja STD, punya Stanley, jangan yang lain.
      2. Kemarin di artikel ini https://akhfauzan.wordpress.com/2013/06/10/merencanakan-modif-lampu-senja-supra-x-125r/ ane berencana ganti lampu senja Supri Ane pake LED, artinya ambil arus dari Accu, sehingga pasti lebih terang dan awet. namun belum teralisasi. Sabar aja. Kalo ada waktu ane bakal oprek lagi…

      Thanks for sharing…

  5. misi gan, mau nanya nih, kebetulan ane pake Shogun 110 standar. Bohlam standarnya redup banget. Nah, yang mau ane tanya, bohlam Aspira 25 watt yang agan pakai itu kuatnya kira2 berapa lama? apa satu bohlam itu kuat sampai 6 taun?

    oh iya gan, kalo misalnya ane mau cari barang itu di toko onderdil, ane mintanya cukup Aspira halogen 25 watt buat motor aja ya gan? apa perlu sebutin tipe fittingnya juga?

    makasih sebelumnya gan 🙂

    • Punya ane yg 25watt udh 6th lebih, malah akhirnya ane kasih tetangga dipake di supra x 125 mash awet smpe skrng…
      Agan minta yg pentilannya 1( bilang buat shogun kebo/ 110 jg bs) krna ada yg pentilannya 3, itu ga ccok sm shogun gan. Agan cek juga bner ga pentilannya 1, kalo untk shogun pasti ada ketrangan FD110, oke…

  6. gan,masih newbie ni…bisa minta tolong dijelaskan lebih detail kah?saya masih nol soal otak atik lampu motor, kbetulan saya pake supra x 125 2010, lampunya gak terang blas…

  7. bro, sy pake osram 18 wattX2 sinarnya kok gak terang luas dari depan motor sampai ke fokus terangnya?
    apa memang karankter pancaran headlamp supra begitu? atau karena bolam halogen osram sendiri.
    high beam malah cenderung tidak ada fokus cahayanya di aspal

    • Osram 18watt ane belum pernah nyoba gan, Halogen Osram 18w tergolong kualitas biasa, berbeda dengan Halogen Osram yang warna sinarnya ada beberapa : silverstar, coolblue, all season, untuk ketiga jenis tadi dibanderol sekitar 30-35rb per bohlam. sedangkan kemasanya berupa plastik mika bening dengan dasaran karton. adapun kalo yang agan maksud yakni Osram halogen dengan harga kisaran 8-15rb per bohlam, itu berarti masuk kategori kualitas biasa (ane kurang faham dimana letak bedanya, padahal sama2 mirip bentuknya) kemasanya karton kotak biasa dibungkus stereofoam yang mengelilingi badan bohlam.

      Lampu tidak fokus, bisa diakibatkan agan terlalu tinggi setting headlamp, coba kendorkan baut 8mm persis dibawah totok lampu Supra x 125 agan, lalu turunkan perlahan (setting) reflektor agan, sampai kurang lebih hampir menunduk (ndungkluk), baut settingan ketinggian headlamp/baut 8mm dibawah batok lampu, hampir notok ke arah dalam. Maka dipastikan fokus akan lebih pendek, namun jangan terlampau pendek, nanti pas high beam sinar jadi kebawah (tidak jauh jangkauannya),

      Kalau pengen sesuai selera agan, coba setting lampu di malam hari, posisikan standar tengah, dan agan mulai untuk setting, pastikan setting di jalan yang agak lapang, luas, jadi cahaya lampu dapat kita pantau sejauh yang kita inginkan.

      Kalo masih belum fokus juga, coba beralih ke Aspira 18/18w, diklaim sama beberapa orang kualitasnya sama dengan STD Pabrik merek STANLEY, harga sama kaya osram, namun kualitas jangan ditanya. Sampe sekarang, ane masih pake tu Aspira…. Joosh.

      met mencoba gan joko… 🙂

      • iya gan, halogen biasa bkn variasi. soalnya gak ada yg 18 watt yg variasi.
        headlamp udah ditundukin kok gan, lampu dekat sih terang fokus, tapi yg jauh ini gak fokus sama sekali.

        maksud pertanyaan karakter headlamp itu jika dibandingkan dengan lampu metik sekarang yg sinarnya merata dari depan ban sampe fokus terjauh gan, ya hampir mirip mobil gitu maksudnya. kalo supra ini kan yg terang yg depan pas difokusnya aja, yg dekat banget jadinya semacam dark spot.

        perkiraan sih emang bagus halogen aspira dibanding osram biasa gan, buatan c*na sih gan, kalo aspira kan buatan indo jaminan kualitas astra 🙂

        • Motor sekarang memang sudah banyak penyempurnaan gan, kita coba tengok ke Metik Honda, Vario FI 110, sudah mengadopsi headlamp led, sehingga sinarnya bisa dimanipulasi sedemikian rupa melalui reflektor, cahaya menjadi merata bagus (ada seperti efek cutt off light ) layaknya mobil, sama juga ane amati di Scoopy generasi akhir yang konon katanya menggunakan projie(projector), juga ane amati memiliki pancarans inar yang merata dari bawah ban sampai fokus melebar ke depan pas Low beam. Motor lain seperti halnya Yamaha Mio Soul, Mio GT dll juga lampunya sedemikian terang, meskipun fokusnya biasa tidak melebar.

          Agan kalo tengok lagi motor2 sport dari Vixion, Tiger, Megapro, CBR, CB 150R, apalagi yang premium CBR 250, Kawasaki 250, R 25 dll, juga memiliki pancaran lampu yang oke punya, fungsi Cutt Off light menyebabkan pengendara didepan tidak silau. Ada harga ada rupa Gan 😀

          Nah, kembali ke Supri kita, begitulah adanya, standar, lampu terkesan redup, pancaran ya apa adanya, :D, Dinikmati selagi motor nyaman, lampu diterangi dengan Aspira 18/18w cukup ko gan… ga burem2 amat…. ane enjoy aja, soalnya blom ada dana buat fullwave, kekeke… blm ada dana juga buat nebus projie led yang harganya 5 lembar merah… haha, prioritas laen gan,…

          ane sebenernya kemaren nulis (masih di draft) modiv fulwave di supra ane gan, cuman gagal, makanya nulisnya ogah2an….

          Oke, Cmiiw, thanks for sharing….

          • berarti memang desain headlampnya yg memiliki kekurangan untuk menghasilkan sinar output yg tidak bisa merata ya, kalaupun di fullwave bisa terang tapi ya cuma di depan aja palingan, blm lagi menyilaukan depan karena cut off sinar yg tidak sebagus vario led dan scoopy projie..

            kalu supri yg terbaru yg udah 25wX2 gimana gan? apakah udah lebih baik pancaran sinar headlampnya?
            kalau lebih bagus apa bisa headlamp supri model baru dipasang ke supri kit?

  8. @ joko, reflektor standarnya memang demikian, artinya ada kekurangan, juga ada kelebihan. Ane tidak menyebut jelek, karena memang begitulah apa adanya, sinar yang dihasilkan boleh dikatakan cukup baik, tidak jelek2 amat.

    Kalo agan modif ke fullwave, kemudian berencana Pasang HID, maka umumnya HID akan terintegrasi dengan Projector, sudah bawaaan biasanya mmbeli sepaket HID sudah include projector didalamnya, nah, adapun fungsi dari Projektor itu sendiri yang akan mengatur pancaran sinar yang dihasilkan HID, pada HID yang bagus, seharusnya projector memiliki sinar yang merata layaknya Mobil2, juga memiliki Cutt off yang tidak akan menyilaukan pengguna dari arah depan.

    Supri Slim FI, kalo ane amati tidak ada perubahan signifikan, headlamp bulbnya pun sepertinya masih sama 18w x 2, adapun kalo agan mau pake 25w x 2, masih rekomend gan, ga akan bermasalah, sinar juga lebih terang. Namun kalo agan pake 35w x 2, berakibat redup sekali di low rpm, mesin juga terbebani dengan watt lampu tersebut.

    Dudukan/ holder/ desain batok lampu SUpra X Slim FI ane belum lihat lebih jauh gan, jadi ane belom bs pastikan apakah PnP ke Supra Lama. termasuk juga Lampu Kota, dan Lampu BElakang, semua beda… ane pernah baca, susah untuk diaplikasikan…

    Sekian, semoga bermanfaat,,,,

  9. laporan,
    osram kardusan biasa sekarang kaca bohlampnya udah menguning.
    itu karena apa ya??
    blm ada sebulan, atau memang jelek osram yg kardusan biasa

  10. Bentar, arus lampu motor sampeyan pake arus ac atau dc, kalo misalkan pake arus ac kenapa hrs khawatir accu nge drop?

Leave a reply to Edy Cancel reply